PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH PADA BAGIAN LERENG SISI ATAS RUAS JALAN KUMITIR KM 37 + 950 KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER
Abstract
Jalan kumitir adalah jalan yang sangat vital karena merupakan jalan
penghubung antara 2 kabupaten, yaitu kabupaten Banyuwangi dan kabupaten jember.
Namun sering terjadi longsor pada saat hujan sehingga membahayakan pengguna
jalan. Untuk mengetahui mengapa hal itu bisa terjadi, maka dilakukan penelitian
tentang stabilitas lereng.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai SF pada lereng sisi atas ruas jalan
gunung kumitir adalah 0,866. Nilai tersebut dibawah nilai nilai SF yang ditentukan
yakni SF>1,5. Untuk mendapatkan SF tersebut maka perlu perencanaan dinding
penahan tanah.
Pada skripsi ini direncanakan dinding penahan tanah menggunakan tipe
kantilever karena berbagai alasan, salah satunya karena study kasus berada pada
lereng jalan di tebing gunung sehingga di tuntut untuk seefektif mungkin dalam
dimensinya serta kemudahan dalam pelaksanaannya
Dengan tinggi lereng yang mencapai 16 meter dan panjang lokasi longsor
pada study kasus 32 meter, maka direncanakan dimensi dinding penahan tanah
sebagai berikut : tinggi total dinding 8 m, tinggi stem 7,2 m, tebal stem pangkal 0,8
m, tebal stem puncak 0,4 m, tebal pondasi 0,8 m, panjang dinding 3 m, fc’= 300
kg/cm
2
, fy = 2500 kg/cm
2
= 25 kN/m
xix
2
. Setelah menggunakan dinding penahan tanah
dengan dimensi yang direncanakan, maka didapatkan nilai SF 3,44. Nilai tersebut
sudah memenuhi syarat SF yang ditentukan yaitu SF >1,5.
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
SUMMARY
Planning Retaining Wall Slope On The Side Of The Streets Kumitir Km 37 + 950
Sub District Jember Silo; Joko Widodo, 061910301121; 2011; 60 Pages; Strata One
(S1) Program, Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, Jember
University.
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
Kumitir road is the road which is very vital because it is a connecting
road between the two districts, namely the district of Banyuwangi and district of
Jember. But frequent landslides during the rainy thus endangering road users. To find
of did it happen, then do research on slope stability. From the survey results
revealed that the SF on the upper slopes of the mountain roads kumitir is 0.866. This
value is below a specified value of the SF that is SF >1.5. To get
the SF is then necessary retaining wall plan.
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
In this thesis planned retaining wall using a cantilever type for various
reasons, because study cases on the road at the brow of the hill slopes that are in
demand to be as effective as possible in it ’s dimensions and ease of implementation.
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
With the high slope that reaches 16 meters and the long location
of landslides in the study cases 32 meters, the planned retaining wall dimensionsas
follows: total height of the walls of 8 meters, stem height of 7,2 meters, stem base
of 0.8 m thick, thick stem top 0.4 meters, 0.8 meters thick foundation, wall length 3
meters,fc '=300 kg/cm
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
2
,fy = 2500 kg/cm
xx
2
= 25 kN/m
2
. After using the retaining
wall with dimensions that are planned, then the obtained value of SF 3.44. That
amount has been determined eligible SF is SF> 1.5.
http://digilib.unej.ac.id
htt