Show simple item record

dc.contributor.authorMUKTININGSIH
dc.date.accessioned2014-01-17T00:25:50Z
dc.date.available2014-01-17T00:25:50Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM010910292329
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15588
dc.description.abstractPenelitian mengenai pelaksanaan pengembangan produk dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan usaha sejenis yang memproduksi makanan khas wingko Babat di kabupaten Lamongan, hal ini menuntut UD.Kelapa Muda Lamongan untuk selalu tanggap dalam mencermati setiap perubahan yang terjadi di pasar. Pengembangan produk merupakan salah satu langkah yang diambil oleh UD. Kelapa Muda untuk memperkuat repotasi perusahaan dipasar, serta mempertahankan daya saing terhadap pesaing produk sejenis. Adapun tujuan pengembangan produk yang dilakukan antara lain untuk meningkatkan laba perusahaan, meningkatkan jumlah penjualan dan mengoptimalkan sumberdaya yang ada. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan UD. Kelapa Muda dalam melaksanakan pengembangan produk wingko diteliti dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informasi data yang diperoleh berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pihak internal UD. Kelapa Muda, khususnya orang-orang yang berkompeten dalam pelaksanaan pengembangan prodduk. Informasi yang didapat kemudian diolah dan direduksi kemudian di analisis menggunakan analisis domain dan analisis taksonomis. Analisis domain adalah analisis informasi yang sifatnya umum terhadap apa saja yang menjadi permasalahan. Analisis domain pada UD. Kelapa Muda antara lain: perkembangan perusahaan, posisi bersaing, pembentukan tim kecil dalam proses pengembangan produk dan rencana pengembangan produk. Analisis taksonomis adalah analisis informasi yang fokus penelitiannya terbatas pada domain tertentu. Analisis taksonomis pada UD. Kelapa Muda membahas tentang masalah pengembangan produk wingko adapun tahap-tahap kegiatannya meliputi penggalian gagasan, penyaringan gagasan, evaluasi gagasan, pengembangan produk, pemasaran produk dan hambatan dalam pengembangan produk wingko. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengembangan produknya UD. Kelapa Muda melakukan kegiatan antara lain: penggalian gagasan, penyaringan gagasan, mengevaluasi dan menganalisis gagasan untuk dipilih yang terbaik, melakukan pengembangan produk dengan membuat contoh produk. Tahap terakhir adalah pendistribusian produk wingko ke konsumen. Pengembangan modifikasi lini produk wingko menghasilkan produk wingko rasa baru yaitu, wingko rasa keju, nangka dan durian. Hambatan dalam pengembangan produk wingko antara lain naiknya harga bahan baku pembuatan produk wingko, teknologi bersifat tradisional mengandalkan tenaga manusia sangat berpengaruh pada besarnya out put yang dihasilkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010910292329;
dc.subjectPENGEMBANGAN PRODUKen_US
dc.titlePELAKSANAAN PENGEMBANGAN PRODUK MAKANAN KHAS WINGKO BABAT PADA USAHA DAGANG KELAPA MUDA LAMONGANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record