Prosedur Akuntansi Ongkos Naik Haji (ONH) pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember”
Abstract
Bank adalah salah satu lembaga keuangan yang bergerak dalam
bidang pemberian jasa yang berhubungan langsung dengan masalah finansial atau
keuangan. Sebagai suatu lembaga yang dalam kegiatan usahanya mengandalkan
kepercayaan masyarakat sehingga tingkat kesehatan bank perlu dipelihara, antara
lain dengan menjaga likuiditas sehingga perbankan dapat memenuhi kewajiban
kepada semua nasabah yang menarik atau mancairkan dananya sewaktu-waktu.
Selain faktor likuiditas, peran bank yang lain adalah mengelola dana dari para
nasabah serta menjaga rahasia atas uang atau aset lainnya yang dititipkan pada
bank.
Berkaitan dengan hal diatas, PT. Bank Tabungan Negara (Persero)
Cabang Jember sebagai salah satu bank pemerintah yang ada di Jember, dalam
tujuannya untuk menarik para nasabah, mengeluarkan berbagai produk jasa
pelayanan perbankan antara lain : Tabungan, Deposito, Giro, KPR-BTN, Transfer,
Pembayaran rekening telepon, dan lain-lain.
Selain jasa perbankan diatas, PT. Bank Tabungan Negara (Persero)
juga menyediakan jasa pelayanan perbankan dengan menerima setoran Ongkos
Naik Haji beserta fasilitasnya. Adanya kerja sama yang baik antara nasabah
dengan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji serta
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) sebagai perantara, membuktikan bahwa
bank tersebut dipercaya untuk mengelola setoran Ongkos Naik Haji.