• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN MENGHITUNG KECEPATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V SDN KEMUNINGSARI LOR 02 SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-ratnadewis-5429-1-ratnad.-i_1.pdf (1.359Mb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    RATNA DEWI, SURYANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika di sekolah dasar faktanya hanya bertujuan untuk mengajarkan materi sesuai target kurikulum. Guru cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dan terpateri pada kebiasaan penyajian materi yang bersifat hafalan (rote mathematics). Pada pembelajaran konvensional guru menjadi penguasa kelas yang mengharapkan jawaban benar sehingga siswa menjadi pasif. Pada prinsipnya pengajaran matematika akan berhasil bila dimulai dari konkrit ke abstrak. Dengan dimulai dari hal-hal yang konkrit maka siswa akan merasa matematika ada dalam kehidupan sehari-hari mereka dan sedikit demi sedikit mereka akan menyukai matematika sehingga diharapkan nantinya akan menghilangkan kesan kalau matematika adalah beban bagi siswa. Pada pembelajaran RME ini, siswa diharapkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan siswa membangun realistik dapat membantu siswa menemukan konsep kecepatan melalui kegiatan bekerja kelompok dengan pemanfaatan lingkungan sekitar dan bimbingan guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji pembelajaran menghitung kecepatan melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V; (2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan guru selama pelaksanaan pembelajaran materi menghitung kecepatan melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik; (3) untuk sendiri pengetahuannya dari realitas yang ada di sekitarnya. Pada materi matematika pokok bahasan menghitung kecepatan, dengan menggunakan pendekatan matematika meningkatkan persentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai melalui model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik materi menghitung kecepatan siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kemuningsari Lor 02 Kabupaten Jember yang terdiri dari 28 siswa, 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskripsi kualitatif untuk data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Deskriptif kuantitatif untuk data tes individu. Pengambilan data tanggal 8 November 2010 sampai 25 November 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Kemuningsari Lor 02 Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan persentase aktivitas siswa dalam kelompok dari 80,4% pada siklus I menjadi 90,5% pada siklus II. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari 71,7% pada siklus I menjadi 84,5% pada siklus II. Peningkatan persentase aktivitas guru dari 87,05% pada siklus I menjadi 92,6% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari persentase hasil tes formatif sebesar 60,8% pada siklus I meningkat menjadi 90,7% pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15518
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository