• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persepsi Guru dan Siswa terhadap Penggunaan Bahasa Inggris pada Mata Pelajaran Matematika dan Sains di Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Kasus Pada SMP Negeri 3 Jember dan SMP Negeri 1 Bondowoso)

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (30)bb_1.pdf (544.6Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Ika Wahyuningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keinginan untuk memiliki standar internasional, rupanya telah menjadi sindrom yang telah menjalar baik dimasyarakat maupun di kalangan pemerintah. Keinginan itu tumbuh hanya dengan satu alasan : untuk mengimbangi perubahan zaman yang memasuki era globalisasi. Sektor pendidikan termasuk yang didorong untuk bertaraf internasional. Dorongan itu bahkan dicantumkan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) yang berbunyi, “Pemerintah dan atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional” (Dharma, 2007:2-3). Bahasa Inggris adalah bahasa ilmu dan bahasa Internasional antar bangsa, oleh karena itu penguasaan bahasa Inggris adalah sangat penting untuk siswa dalam menghadapi era globalisasi. Dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, siswa dapat memperoleh ilmu yang lebih banyak dan mudah (Aniza, 2004:3). Pembelajaran Matematika dan Sains dalam bahasa Inggris, pembelajaran yang materi pelajaran, proses belajar mengajar, dan penilaiannya disampaikan dalam bahasa Inggris Jika dilihat dari sudut pelajaran dan pembelajaran, guru diwajibkan untuk mengajar dalam bahasa Inggris, terutama di kelas bilingual (Priyono, 2007:4). Persepsi pada hakikatnya adalah proses kognitif yang dialami oleh seseorang di dalam memahami informasi tentang lingkungan, baik melalui penglihatan, pendengaran, penghayatan, perasaan dan penciuman (Thoha, 1980:65). Salah satu alasan mengapa persepsi demikian penting dalam hal menafsirkan keadaan di sekeliling kita adalah bahwa kita masing-masing mempersepsi, tetapi mempersepsi secara berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap panggunaan bahasa Inggris pada pelajaran Matematika dan Sains di Sekolah Bertaraf Internasional . Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Jember dan SMP Negeri 1 Bondowoso. Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Februari 2008. Penelitian menggunakan Purposive Sampling dimana pemilihan sample atas dasar pemilihan tertentu dimana sekolah yang dijadikan sampel adalah Sekolah Bertaraf Internasional. Responden yang digunakan adalah guru Matematika dan Sains yang mengajar di kelas SBI sebanyak 9 responden dan siswa yang berada di kelas SBI sebanyak 94 siswa. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, sedangkan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan bahasa Inggris pada mata pelajaran Matematika dan Sains menggunakan angket dimana angket yang disebarkan merupakan angket tertutup yang terdiri dari 25 pertanyaan menggunakan skala likert dengan 4 skala dengan skor 4 untuk jawaban sangat setuju, 3 untuk jawaban setuju, 2 untuk jawaban tidak setuju, dan 1 untuk sangat tidak setuju. Analisis data skor yang diperoleh dari hasil angket dihitung dengan menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Guru Matematika dan Sains di SMP Negeri 3 Jember 100% berpersepsi baik terhadap panggunaan bahasa Inggris pada mata pelajaran Matematika dan Sains. Siswa SMP Negeri 3 Jember di kelas SBI sebesar 41,33% berpersepsi baik dan sebesar 58,67% berpersepsi cukup terhadap panggunaan bahasa Inggris pada mata pelajaran Matematika dan Sains. Sedangkan Guru Matematika dan Sains di SMP Negeri 1 Bondowoso sebesar 50% berpersepsi baik dan sebesar 50% berpersepsi cukup terhadap panggunaan bahasa Inggris pada mata pelajaran Matematika dan Sains. Siswa SMP Negeri 1 Bondowoso di kelas SBI sebesar 8,3% berpersepsi baik dan sebesar 91,7% berpersepsi cukup terhadap panggunaan bahasa Inggris pada mata pelajaran Matematika dan Sains.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15326
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository