P E N G ARUH P E NE RA P A N M O DE L PR OB LE M B A S E D LE A R NI N G S DN S I DO K E RT O S I DO ARJO
Abstract
S
a
a
t
i
ni
,
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
di
duni
a
pe
ndi
di
ka
n
s
uda
h
b
a
n
y
a
k
di
k
e
na
l
,
t
e
r
ut
a
m
a
di
ka
l
a
n
g
a
n
pe
ndi
di
k.
S
a
l
a
h
s
a
t
u
a
l
t
e
r
na
t
i
f
m
ode
l
pe
m
be
l
a
j
a
r
a
n
y
a
n
g
i
nova
t
i
f
a
da
l
a
h
Pr
obl
e
m
Bas
e
d
L
e
ar
ni
ng
duni
a
n
y
a
t
a
unt
uk
m
e
m
pe
r
ol
e
h
kons
e
p
y
a
n
g
s
s
e
ns
i
a
l
da
r
i
m
a
t
e
r
i
pe
l
a
j
a
r
a
n.
Ha
l
t
e
r
s
e
but
da
pa
t
m
e
l
a
t
i
h
ke
m
a
ndi
r
i
a
n
s
i
s
wa
.
Ol
e
h
ka
r
e
na
i
t
u,
t
uj
ua
n
da
r
i
pe
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
a
da
l
a
h
unt
uk
m
e
ng
ka
j
i
a
da
t
i
da
kn
y
a
p
e
n
g
a
r
uh
pe
ne
r
a
p
a
n
m
ode
l
Pr
obl
e
m
Bas
e
d
L
e
ar
ni
ng
di
t
e
l
i
t
i
m
e
ng
g
una
k
a
n
de
s
a
i
n
P
e
ne
l
i
t
i
a
n
Ti
nda
ka
n
Ke
l
a
s
da
l
a
m
pe
n
e
l
i
t
i
a
n
i
ni
a
da
l
a
h
pe
ne
l
i
t
i
a
n
e
ks
pe
r
i
m
e
nt
a
l
pol
a
pr
e
t
e
s
t
pos
t
t
e
s
t
c
ont
r
ol
gr
ou
p de
s
i
gn
.
Te
m
pa
t
pe
ne
l
i
t
i
a
n
di
t
e
nt
uka
n
m
e
n
gg
una
k
a
n
m
e
t
o
de
pur
pos
i
v
e
s
ampl
i
ng
a
r
e
a
y
a
i
t
u
di
S
DN
S
i
doke
r
t
o
Ke
c
a
m
a
t
a
n
B
udu
r
a
n
Ka
bupa
t
e
n
S
i
doa
r
j
o.
S
u
bj
e
k
y
a
n
g
di
a
m
bi
l
y
a
i
t
u
s
e
l
ur
uh
s
i
s
wa
ke
l
a
s
I
V
y
a
n
g
t
e
r
di
r
i
da
r
i
44
s
i
s
wa
da
r
i
ke
l
a
s
I
VA
da
n
42
s
i
s
wa
da
r
i
ke
l
a
s
I
V
B
.
J
um
l
a
h
s
e
l
ur
uh
s
i
s
wa
ke
l
a
s
I
V
y
a
n
g
kur
a
n
g
da
r
i
100,
m
a
ka
pe
ne
l
i
t
i
a
n
i
ni
m
e
n
gg
u
na
ka
n
p
e
ne
l
i
t
i
a
n
popu
l
a
s
i
.
S
e
be
l
um
m
e
ne
nt
uka
n
ke
l
a
s
e
ks
pe
r
i
m
e
n
d
a
n
ke
l
a
s
k
ont
r
ol
,
di
l
a
kuka
n
uj
i
ho
m
og
e
ni
t
a
s
b
e
r
d
a
s
a
r
k
a
n
n
i
l
a
i
pr
e
t
e
s
t
pokok
ba
h
a
s
a
n
s
um
be
r
da
y
a
a
l
a
m
.
H
a
s
i
l
pe
r
hi
t
ung
a
n
uj
i
hom
o
g
e
ni
t
a
s
m
e
nunj
ukka
n
ha
r
g
a
=
0
,
8
7
1
,
s
e
l
a
nj
ut
n
y
a
ha
r
ga
di
kons
ul
t
a
s
i
ka
n
de
ng
a
n
de
nga
n
ha
r
g
a
vi
i
dengan = 1 dan = 84 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan
= 84 memiliki harga 1,99. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang
berarti kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian homogen. Selanjutnya,
kelas IVA ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen
yang dipilih secara random.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa
siswa lebih senang aktif mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based
Learning
Pengujian hipotesis jika > 0,05 maka ditolak, jika <
0,05 maka diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh
= 3,647 harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db=84,
pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh = 1,99 sehingga
> 0,05, dengan demikian hipotesis nihil
IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto-Sidoarjo ditolak dan hipotesis alternatif
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning
3,647. Diharapkan model Problem Based Learning