• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MASTER-PLAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Sonya Laksti Dara Agasta.pdf (215.1Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Laksti Dara Agasta, Sonya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran fisika merupakan salah satu pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar (Depdiknas, 2002:7). Dalam proses belajar mengajar fisika, siswa tidak hanya menghafal teori atau rumus tetapi lebih ditekankan pada terbentuknya proses pengetahuan dan penguasaan konsep. Namun, pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru dan mencatat materi, sehingga siswa cenderung menghafal materi saja tanpa berusaha memahaminya sehingga proses pembelajaran menjadi menjenuhkan. Salah satu alternatif untuk mengatasi kejenuhan belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran bervariasi (Hakim, 2001:66). Salah satu model pembelajaran bervariasi yang mungkin sesuai untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif teknik MASTER-Plan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif teknik MASTER-Plan dengan pembelajaran konvensional, (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif teknik MASTER-Plan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai dan nilai = 1,99 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 67,35% dan termasuk pada kriteria aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik MASTER-Plan dan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMA dan (2) aktivitas belajar siswa yang terdiri dari melakukan diskusi dengan kelompoknya, menyumbangkan ide/memberikan informasi untuk memecahkan permasalahan kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan,dan membuat kesimpulan terhadap permasalahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik MASTER-Plan termasuk dalam kriteria aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1503
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository