• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Imron.pdf (1.313Mb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Imron, Mohammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subjek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri Balung tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi. Aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Sedangkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil postest. Aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan pada setiap indikator aktivtas yang diamati dari pra-siklus ke siklus I maupun siklus II. Hal ini dapat terlihat dari siswa yang melakukan indikator aktivitas bertambah jumlahnya dari pra-siklus ke siklus I maupun siklus II. Karakter siswa juga mengalami perkembangan dari belum terlihat (BT) pada prasiklus menjadi mulai terlihat (MT) pada siklus I dan mulai berkembang (MB) pada siklus II. Karakter siswa meliputi karakter disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, jujur dan teliti. Karakter ini dilihat berdasarkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa terjadi pada tiap siklusnya yaitu 39.47% pada pra-siklus menjadi 73.68% pada siklus I dan 86.84% pada siklus II. Berdasarkan hasil di atas, menunjukkan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan dapat memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode eksperimen berbasis pengembangan karakter dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Balung tahun ajaran 2011/2012.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1493
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository