• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 06 Kencong-Jember dengan Model Inkuiri

    Thumbnail
    View/Open
    AB (21)a_1.pdf (448.4Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Dwi Nurmaita Hikmatul Laili
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, IPA bukan hanya penguasaan konsep, fakta dan prinsip saja melainkan suatu proses penemuan yang dilakukan oleh siswa bukan guru yang mengakibatkan siswa cenderung menerima materi pelajaran secara pasif sehingga siswa merasa kesulitan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran IPA dan mengakibatkan nilai pada pelajaran IPA menjadi rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil ulangan harian siswa. Pada ulangan harian satu rata-rata nilai yang dicapai adalah 50 dan ketuntasan klasikal 53%. Ulangan harian dua ratarata nilai yang dicapai adalah 57 dan ketuntasan klasikal 55%. IPA dalam pemilihan dan penerapannya mengalami pergeseran dari yang mengutamakan pemberian informasi(pemberian konsep-konsep IPA) menuju kepada strategi pembelajaran yang mengutamakan aktivitas belajar yang digunakan untuk memperoleh konsep IPA. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan akademik adalah pembelajaran Model Inkuiri. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Inkuiri mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran Model Inkuiri. Pembelajaran Model Inkuiri pada penelitian ini memiliki lima tahap yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dan fakta, analisis data, membuat kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN Wonorejo 06 Kencong-Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wonorejo 06 Tahun ajaran 2009-2010, sebanyak 22 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis a) persentase aktivitas individu, b) persentase aktivitas klasikal. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 08 Maret 2010 sampai 24 Maret 2010. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 06 Kencong-Jember dengan Model Inkuiri berjalan dengan baikmeskipun belum optimal karena keterbatasan waktu. Analisis pada hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa setelah diadakan tindakan pembelajaran dengan Model inkuiri. Peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus I termasuk dalam kriteria kurang aktif, peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus II termasuk dalam kriteria aktif, peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus III termasuk dalam kriteria aktif, peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus IV termasuk dalam kriteria aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah diadakan tindakan pembelajaran Model Inkuiri. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I termasuk dalam kriteria tidak tuntas, pada siklus II ketuntasan hasil belajar juga termasuk dalam kategori tidak tuntas, pada siklus III ketuntasan hasil belajar juga termasuk dalam kategori tidak tuntas, dan pada siklus IV ketuntasan hasil belajar juga termasuk dalam kategori tuntas. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian Model Inkuiri dapat dijadikan alternatif untuk masukan model mengajar dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14918
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository