Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas I Di SDN Gebang 03 Tahun Pelajaran 2011/2012
Abstract
Latar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan hasil observasi awal di
lapangan, peneliti mengobservasi kegiatan pembelaj aran membaca permulaan yang
dilakukan oleh guru kelas I SDN Gebang 03 dan mengobservasi aktivitas siswa
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Hasil observa si pada
pembelajaran ini adalah keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN
Gebang 03 masih rendah, dari 33 siswa ada 23 siswa yang belum bisa membaca
dengan benar, kurang lancar. dan suara tidak nyaring. Berdasarkan
observasi dan wawancara dari siswa bahwa pelajaran bahasa Indonesia kurang
menarik dan membosankan. Dipandang dari segi guru, kurangnya keterampilan
membaca permulaan disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru hanya
ceramah kepada siswa. Hal lain dapat disebabkan karena guru kurang tepat dalam
penggunaan media. Salah satu media pembelajaran yang dapat merangsang siswa
untuk belajar adalah dengan media pembelajaran kartu kata. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah ;1). bagaimanakah penerapan pembelajaran membaca permulaan
dengan menggunakan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan membaca
permulaan siswa kelas I SDN Gebang 03, , 2.)bagaimanakah peningkatan
keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gebang 03 setelah
dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata. Tujuan penelitian
ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan media kartu kata untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gebang 03,
setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata.