PELAKSANAAN ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN PADA KANTOR IMIGRASI KLAS II JEMBER
Abstract
Salah satu kumci pokok keberhasilan dan kemajuan pada tiap
organisasibaik dalm bentuk suasta ataupun pemerintah dapat dilihat dari sistem
kesekretariatan yang dimiliki oleh perusahaan. Yang dimaksut dengan kegiatan
kesekretariatan adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekretariat, sekretariat
merupakan suatu organisasi atau tempat dimana para sekretaris dan para
pembantunya melakukan rangkaian kegiatan demi menunjang pelaksanaan tugas
pokok organisasi agar dapat mencapai tujuan agar lebih lancar.
Dewasa ini kegiatan kesekretariatan di perusahaan atau instansi, dirasakan
semakin kompleks sehingga seorang sekretaris selalu dituntut untuk memperbaiki
kualitas dirinya. Kalangan bisnis beranggapan bahwa salah satu kunci pokok
suatu perusahaan tergantung pada kecakapan seorang sekretaris yanng memegang
penuh bagian kesekretariatan, sebab emua prosedur administrasi yangn dilakukan
oleh pihak perusahaan atau kantor pelayanan publik selalu melewati dan diolah
oleh bagian kesekretariatan sebelum didistribusikam kebagian lain.
Jabatan seorang sekretaris menuntut kecakapan, kemampuan dan
profesionallisme yang tinggi mengingat tugas dan tanggung jawabnya mempunyai
pengaruh yag cukup besar bagi kelangsunngan kinerja lembaga yang
menunjuknya. Kegiatan sehari-hari seorang sekretaris meliputi: mengolah surat
masuk maupun surat keluar, menerima tamu menerima telepon penyimnan arsip,
memberilayanan informasi, menyiapkan rapat, dan hal utama yang paling penting
bagi seorang sekretaris adalah memegang rahasia.