• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN FISIKA Di SMA N 1 KENCONG

    Thumbnail
    View/Open
    HAFNI AFIFA RAHMA - 060210192208.pdf (1.050Mb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Afifa Rahma, Hafn
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 26 Mei 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 70,33% dan berada pada kategori aktif. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 76,53% dan berada dalam kategori aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 63,41%, pada pembelajaran siklus I sebesar 70,73% dan pada siklus II sebesar 78,05%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan termodinamika kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2010/2011 dari 58,08% kategori sedang (pra siklus) meningkat 12,25% pada siklus I yaitu 70,33% kategori aktif kemudian meningkat 6,2% pada siklus II yaitu 76,53% aktif (2) Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan termodinamika kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2010/2011 dari 63,41% kategori sedang (pra siklus) meningkat 7,32% pada siklus I yaitu 70,73% kategori aktif kemudian meningkat 7,32% pada siklus II yaitu 78,05% aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1483
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository