• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MATERI NERACA PEMBAYARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasuruan Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Yunita Tri Ratnasari.pdf (276.3Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Tri Ratnasari, Yunita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 semester genap SMA Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2010/2011. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Problem Posing dapat meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan daya kreatifitas siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dimana jumlah daya kreatifitas siswa siklus I (pertemuan 1 dan 2) sebesar 3,0 sedangkan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) mengalami peningkatan menjadi sebesar 3,6 lebih tinggi bila dibandingkan dengan siklus I, daya kreatifitas siswa termasuk kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan metode Problem Posing. Pada siklus pertama, dari 26 siswa yang mengikuti ulangan harian ada 14 siswa yang masih mendapat nilai dibawah 74 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 69%. Sedangkan pada siklus II, dari 26 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 3 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan., berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 88% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu metode Problem Posing dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1471
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository