• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH LIFE SKILL EDUCATION TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Nur’aini Widiyanti.pdf (193.6Kb)
    Date
    2013-10-30
    Author
    Widiyanti, Nur’aini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membuktikan bahwa Life Skill Education yang terdiri dari project work dan pendidikan sistem ganda memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha baik secara simultan maupun parsial. Secara simultan life skill education terhadap minat berwirausaha di SMK Negeri 2 Lumajang sebesar 78,6%. Sedangkan secara parsial, project work memiliki proporsi sumbangan terhadap minat berwirausaha yaitu sebesar 42,38%. Apabila pembelajaran itu berakhir tanpa memberi kesempatan pada siswa untuk mempraktekkan pekerjaan secara keseluruhan maka hal tersebut membuat siswa menjadi tidak terlatih seperti yang telah diungkapkan oleh Flippo, (1996:84) bahwa Project work merupakan beberapa pelajaran dengan bersistem yang memberikan siswa pengetahuan dan aplikasi teori pada setiap unsur pekerjaan. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dengan salah satu responden yang mengatakan bahwa: “dengan project work saya bisa memahami prosedur kerja dan apa saja yang harus disiapkan untuk mendirikan suatu usaha serta merencanakan produk hingga penyelesaian produk tersebut, sehingga saya bersemangat untuk berusaha agar bisa mendirikan usaha sendiri kelak (A,17th)” Project work sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan minat berwirausaha. Melalui program project work, siswa menjadi lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Di samping penggunaan program project work, life skill education juga dipengaruhi dengan pelaksanaan pendidikan sistem ganda. Secara parsial pendidikan sistem ganda memiliki pengaruh sebesar 36,2%. PSG dapat dijadikan suatu media dalam mengaplikasikan dan mengembangkan disiplin ilmu yang dimiliki siswa, seperti ungkapan Anwar, (2006:52) yang mengatakan bahwa Kesuksesan pelaksanaan PSG dapat memberikan dasar teori yang cukup dan memudahkan kesinambungan pemahaman dan kegiatan berkarya siswa, khususnya bagi siswa yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja di DUDI.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1462
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository