PENGGUNAAN MULTIMEDIA (CD INTERAKTIF) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
Pembangunan  karakter  bangsa (the  nation  character  building) tidak  akan
terlepas dari ”pendidikan”, karena pendidikan merupakan suatu tolok ukur kemajuan
suatu  bangsa  dalam  berbagai  bidang,  seperti  bidang  ekonomi,  politik, science atau
teknologi.  Selain  itu, pendidikan dapat  membangun  kepribadian  suatu bangsa  yang
intelek  serta  mampu  bersaing  di  era  globalisasi.  Keberhasilan  dunia  ”pendidikan”
dapat  memberikan  dampak  positif  dalam  pembentukan  individu  maupun  karakter
bangsa.
Untuk  mencapai  tujuan  pendidikan  nasional  hendaknya  siswa  dan  guru
bekerjasama. Dalam  suatu  interaksi  belajar  mengajar,  guru  memberikan  informasi
tentang  sasaran  belajar.  Sedangkan  bagi  siswa,  sasaran  belajar  tersebut  merupakan
tujuan belajarnya. Belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna
atau pemahaman terhadap suatu konsep, sehingga dalam proses pembelajaran siswa
merupakan  sentral  kegiatan  atau  tokoh  utama,  sedangkan  guru  hanya  membantu
menciptakan suasana yang dapat mendorong timbulnya motivasi belajar pada siswa.
Akan  tetapi,  rendahnya  daya  tarik  terhadap  pelajaran  IPS  menyebabkan  siswa
menjadi sulit untuk memahami dengan benar materi yang disampaikan oleh guru.
Perumusan  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah bagaimanakah penggunaan
multimedia  (CD  Interaktif)  dapat  meningkatkan  motivasi dan  hasil belajar  siswa
kelas V SD Negeri 2  Karangsari Sempu  pada pokok  bahasan  jenis-jenis  usaha  dan
kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui penggunaan  multimedia  (CD
Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2
Karangsari Sempu  pada pokok  bahasan  jenis-jenis  usaha  dan  kegiatan  ekonomi  di
Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/2010.
Subjek  penelitian  yang  digunakan  adalah  siswa  kelas  V  semester  ganjil  di SD
Negeri 2  Karangsari Sempu tahun  ajaran  2009/2010.  Desain  dari  penelitian  ini
adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap
siklus  yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Untuk  memperoleh  data
dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  menunjukkan  adanya  peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari kegiatan observasi dan aspek
kognitif  dan  afektif  baik  dari  guru  maupun  siswa.  Hasil  analisis  data  menunjukkan
pada  siklus  I dengan  penggunaan  media  peraga  (CD  Interaktif) meningkat 10%
dibanding  dengan  model  pembelajaran  sebelumnya  atau  konvensional.  Sedangkan
pada  siklus  II  keefektifan  hasil  belajar  IPS dengan  penggunaan  media  peraga  (CD
Interaktif) meningkat 19%  dibanding  model  pembelajaran  sebelumnya  atau
konvensional.
Kesimpulan  dari  hasil  penelitian  ini  adalah penggunaan  media  peraga  (CD
Interaktif) dapat  meningkatkan motivasi  dan hasil  belajar  mata  pelajaran  IPS  pada
“pokok  bahasan jenis-jenis  usaha  dan  kegiatan  ekonomi  di  Indonesia” pada  siswa
kelas V semester ganjil di SD Negeri 2 Karangsari Sempu tahun ajaran 2009-2010.
