• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MULTIMEDIA (CD INTERAKTIF) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Yunita Ratri Astiti_001.pdf (992.3Kb)
    Date
    2013-10-30
    Author
    YUNITA RATRI ASTITI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembangunan karakter bangsa (the nation character building) tidak akan terlepas dari ”pendidikan”, karena pendidikan merupakan suatu tolok ukur kemajuan suatu bangsa dalam berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, politik, science atau teknologi. Selain itu, pendidikan dapat membangun kepribadian suatu bangsa yang intelek serta mampu bersaing di era globalisasi. Keberhasilan dunia ”pendidikan” dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan individu maupun karakter bangsa. Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional hendaknya siswa dan guru bekerjasama. Dalam suatu interaksi belajar mengajar, guru memberikan informasi tentang sasaran belajar. Sedangkan bagi siswa, sasaran belajar tersebut merupakan tujuan belajarnya. Belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna atau pemahaman terhadap suatu konsep, sehingga dalam proses pembelajaran siswa merupakan sentral kegiatan atau tokoh utama, sedangkan guru hanya membantu menciptakan suasana yang dapat mendorong timbulnya motivasi belajar pada siswa. Akan tetapi, rendahnya daya tarik terhadap pelajaran IPS menyebabkan siswa menjadi sulit untuk memahami dengan benar materi yang disampaikan oleh guru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan multimedia (CD Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karangsari Sempu pada pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan multimedia (CD Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karangsari Sempu pada pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/2010. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V semester ganjil di SD Negeri 2 Karangsari Sempu tahun ajaran 2009/2010. Desain dari penelitian ini adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari kegiatan observasi dan aspek kognitif dan afektif baik dari guru maupun siswa. Hasil analisis data menunjukkan pada siklus I dengan penggunaan media peraga (CD Interaktif) meningkat 10% dibanding dengan model pembelajaran sebelumnya atau konvensional. Sedangkan pada siklus II keefektifan hasil belajar IPS dengan penggunaan media peraga (CD Interaktif) meningkat 19% dibanding model pembelajaran sebelumnya atau konvensional. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media peraga (CD Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada “pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia” pada siswa kelas V semester ganjil di SD Negeri 2 Karangsari Sempu tahun ajaran 2009-2010.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1461
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository