Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diperoleh Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode TGT, Metode STAD, Dengan Model Pembelajaran Konvensional”(Studi Komparatif Di SMA Negeri Ambulu Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Inflasi)
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen yang
dirancang dengan quasi experimental design. Metode penentuan lokasi menggunakan
metode purposive area yaitu di SMA Negeri Ambulu. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X.2 sampai dengan kelas X.7. Sampel yang digunakan adalah
kelas X.4 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran
konvensional dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif metode STAD, serta kelas X.7 sebagai
kelas eksperimen 1 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
metode TGT. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes,
observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji Anava dan uji HSD (head significant different). Sebelum
melakukan uji Anava terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan
menggunakan anava dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar
siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT dengan
hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode
STAD dimana Fhitung sebesar 13,740 > harga Ftabel 3,082, dengan demikian Ha
diterima. Besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif
metode STAD dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT yaitu -8,7317*
dan besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konvensional
dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT -17,0976*. Dengan demikian,
masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan, dimana metode TGT menuntut
siswa untuk berkompetisi, sedangkan metode STAD mendorong siswa untuk
bekerjasama dengan anggota kelompoknya.