• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL POLYA PADA SISWA KELAS V SDN KUPANG KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_Rizky P. Anggraeni_001.pdf (200Kb)
    Date
    2013-10-29
    Author
    Rizky Putri Anggraeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan pada dasarnya adalah suatu upaya untuk memberi bekal pada peserta didik agar kelak dapat hidup mandiri di masyarakat, tanggap terhadap segala permasalahan serta memiliki keterampilan untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini pendidikan matematika sangat layak untuk menerima tanggung jawab ini. Dalam rangka meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika, guru hendaknya memiliki kompetensi untuk memilih model pembelajaran yang tepat. Keterampilan siswa kelas V SDN Kupang Bondowoso dalam menyelesaikan soal cerita sangat rendah. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita disebabkan oleh siswa kurang memahami bahasa dan soal, kurang memahami operasi yang diperlukan, dan tidak dapat mengkaitkan penyelesaian kedalam masalah semula. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan pembelajaran model Polya yang terdiri dari 4 tahapan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu, tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsi pelaksanaan pembelajaran model Polya yang dapat meningkatkan keterampilan soal cerita pada siswa kelas V SDN Kupang dan bagaimanakah peningkatan keterampilan siswa dalam memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Tujuan meningkatakan keterampilan mengerjakan soal cerita siswa kelas V SDN Kupang tahun ajaran 2011/2012 dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam mengerjakan soal cerita melalui model polya pada siswa kelas V SDN Kupang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 15 siswa di SDN Kupang Kabupaten Bondowoso. Aspek yang menjadi indikator keberhasilan penelitian ini meliputi; Keterampilan memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas guru, hasil pengerjaan LKS, dan tes akhir siklus. Hasil pelaksanaan siklus I pertemuan 1 aktivitas guru sebesar 59%, pertemuan 2 sebesar 77%, pertemuai 1 siklus II sebesar 91% dan pertemuan 2 sebesar 77%. Hasil pengerjaan LKS siklus I pada tahap memahami masalah sebesar 84,5%, membuat rencana 67%, melaksanakan rencana 66,5%, mengecek kembali 44,5%. Pada siklus II tahap memahami masalah sebesar 86%, membuat rencana 89,5%, melaksanakan rencana 81,5%, dan mengecek kembali 73%. Pada analisis hasil tes akhir, keterampilan memahami masalah meningkat sebesar 13,33%, keterampilan membuat rencana 14,67%, keterampilan melaksanakan rencana 13,33%, dan keterampilan mengecek kembali sebesar 13,33%. ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I hanya sebesar 53,33% dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 86,7%. Setelah peneliti menggunakan model Polya maka keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, secara garis besar peningkatan keberhasilan rata-rata indikator keterampilan menyelesaikan soal cerita dari kondisi awal ke siklus I yaitu dari 40% menjadi 53,33%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 juga cukup baik yaitu dari 53,33% menjadi 86,7%. Penggunaan model Polya terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika pada kelas V SDN Kupang Bondowoso tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya yang berkaitan dengan pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1439
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository