PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN MRAWAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Proses  pembelajaran  merupakan  salah  satu  unsur  penting  dalam 
menunjang  keberhasilan  pendidikan.  Model  pembelajaran  merupakan  salah  satu 
faktor yang dapat menarik minat anak untuk belajar. Dengan menggunakan model 
pembelajaran  yang  tepat,  diharapkan  hasil  belajar  siswa  akan  meningkat. 
Berdasarkan  hasil  wawancara  dengan  guru  kelas  IV  SDN  Mrawan  02,  pada 
pembelajaran  IPS  guru  sudah  mengggunakan  metode  diskusi  pada  beberapa 
pokok  bahasan.  Namun  hasil  belajar  siswa  masih  belum  optimal.  Berdasar  hasil 
observasi  di  kelas  IV  diketahui  bahwa  metode  diskusi  yang  digunakan  hanya 
berupa  diskusi  tanpa  adanya  bimbingan  dari  guru.  Kurangnya  peran  guru  dalam 
membimbing jalannya diskusi menyebabkan tidak adanya pembagian tugas dalam 
kelompok.  Selain  itu  guru  juga  kurang  berperan  dalam  membimbing  kelompok 
untuk mendapatkan informasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan  yang 
ada dalam materi pembelajaran. Problem Based Instruction merupakan salah satu 
model  pembelajaran  yang  dalam  langkah-langkahnya  menuntut  guru  untuk 
bertindak  sebagai  fasilitator  dan  konselor  yang  memberikan  kritik  yang 
membangun.  Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  diuraikan  dapat  ditarik 
rumusan  permasalahan  bagaimanakah  penerapan  PBI  yang  dapat  meningkatkan 
hasil  belajar  siswa,  serta  bagaimana  peningkatan  hasil  belajar  siswa  setelah 
menerapkan  model  pembelajaran  PBI  pada  pokok  bahasan  kenampakan  alam. 
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran PBI 
serta  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dengan  menerapkan  model  pembelajaran 
PBI.    Penelitian  ini  dilaksanakan  dengan  menggunakan  subyek  penelitian 
sebanyak  32  siswa  di  SDN  Mrawan  02  Kabupaten  Bondowoso.  Penelitian  ini 
menggunakan  pendekatan  kualitatif.  Jenis  penelitiannya  adalah  penelitian 
tindakan  kelas  dengan  pelaksanaan  2  siklus.  Teknik  pengumpulan  data  dengan 
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.  
  Data  yang  dikumpulkan  berupa  penilaian  aktivitas  guru,  dan  tes  akhir 
siklus. Aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 87%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 
81%. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 54% dan pada 
siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84%. 
  Setelah peneliti menerapkan model problem based instruction hasil belajar 
siswa khususnya pada pokok bahasan kenampakan alam mengalami peningkatan. 
Hal  ini  dapat  dilihat  pada  data  masing-masing  siklus,  secara  garis  besar 
peningkatan  keberhasilan  dari  kondisi  awal  ke  siklus  I  yaitu  dari    47%  menjadi 
54%,  peningkatan  dari  siklus  1  ke  siklus  2  juga  cukup  baik  yaitu  dari  54% 
menjadi  84%.  Penggunaan  model  problem  based  instruction  terbukti  dapat 
meningkatkan  hasil  belajar  IPS  pokok  bahasan  kenampakan  alam  pada  siswa 
kelas IV SDN Mrawan 02 kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012. 
  Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan saran bagi 
peneliti  lain  yang  menerapkan  model  PBI  hendaknya  dapat  melaksanakan  tahap-
tahap  dalam  model  tersebut  secara  maksimal  serta  mengupayakan  untuk 
menciptakan lingkungan dimana siswa dapat terlibat secara aktif dalam diskusi.