PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN 04 PURWODADI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor 
atau  permasalahan  yang  dihadapi  guru  dan  siswa  dalam  proses  belajar  mengajar 
antara  lain;  pembelajaran  hanya  didominasi  oleh  siswa  yang  berprestasi  saja, 
kurangnya  respon  siswa  terhadap  proses  belajar  mengajar  yang  dilakukan,  dan 
kurangnya variasi metode yang digunakan untuk menyampaikan materi. Penelitian ini 
berdasarkan  permasalahan:  (a)  Bagaimanakah  peningkatan  aktivitas  belajar  Ilmu 
Pengetahuan  Sosial  pokok  bahasan  Kegiatan  Ekonomi  pada  siswa  kelas  IV  SDN  04 
Purwodadi  Kecamatan  Gambiran  Kabupaten  Banyuwangi  melalui  teknik  Mind 
Mapping?  (b)  Bagaimanakah  peningkatan  hasil  belajar  Ilmu  Pengetahuan  Sosial 
pokok  bahasan  Kegiatan  Ekonomi  pada  siswa  kelas  IV  SDN  04  Purwodadi 
Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi melalui teknik Mind Mapping?. 
  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  prestasi  belajar 
melalui model Mind Mapping mata pelajaran  IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi 
siswa  kelas  IV  Sekolah  Dasar  Negeri  04  Purwodadi  Banyuwangi  Tahun  Pelajaran 
2010/2011.  Subyek  penelitian  adalah  siswa  kelas  IV  dengan  jumlah  siswa  21  anak, 
terdiri  dari  10laki-laki  dan  11  perempuan,  Pengambilan  data  dalam  penelitian  ini 
dilaksanakan  di  SDN  04  Purwodadi  Banyuwangi,  dimulai  pada  tanggal  08  Oktober 
2011  sampai  tanggal  20  Oktober  2011.  Desain  penelitian  yang  digunakan  adalah 
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode 
observasi,  tes,  wawancara  dan  dokumentasi.  Data  yang  telah  terkumpul  di  analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data  yang di analisis adalah 
aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. 
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  diperoleh  hasil  analisis  aktivitas  belajar  siswa 
selama  pembelajaran  IPS  pokok  bahasan  Kegiatan  Ekonomi  menggunakan  model 
Mind Mapping pada pembelajaran pra siklus diperoleh 49,4% kemudian hasil analisis 
pada  pembelajaran  siklus  I  sebanyak  54,4%,  sehingga  terjadi  peningkatan  sebanyak 
5%,  sedangkan  pembelajaran  dari  siklus  I  mendapatkan  prosentase  aktivitas  sebesar 
54,4  dan  pembelajaran  siklus  II  memperoleh  66,1%,  sehingga  mengalami 
peningkatan  sebanyak  11,7%.    Kemudian  analisis  hasil  belajar  Ilmu  Pengetahuan 
Sosial  juga  mengalami  peningkatan  yang  sangat  memuaskan,  yaitu  pada 
pembelajaran  pra  siklus  sebesar  33,3%,  pembelajaran  siklus  I  sebesar  66,7%, 
sehingga  terjadi  peningkatan  sebanyak  33,4%,  sedangkan  pembelajaran  dari  siklus  I 
sebesar  66,7%  ke  siklus  II  sebesar  85,7%  mengalami  peningkatan  sebanyak  19%. 
Pemerolehan  hasil  akhir  dalam  penelitian  ini  dinyatakan  telah  sesuai  dengan  yang 
diharapkan oleh peneliti terbukti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa 
selama  pembelajaran  IPS  pokok  bahasan  Kegiatan  Ekonomi  menggunakan  model 
Mind  Mapping  pada  siklus  II  mencapai  66,1%  yang  termasuk  kriteria  cukup  aktif, 
sedangkan pada analisis hasil belajar siklus II mencapai 85,7% yang termasuk kriteria 
sangat baik.   
Saran  yang  dapat  diberikan  peneliti  untuk  pertimbangan  siswa  adalah 
hendaknya  dijadikan  semangat  belajar  karena  dengan  model  Mind  Mapping  bisa 
menemukan  sesuatu  hal  yang  baru  baik  di  kelas  maupun  di  luar  kelas,  bagi  guru 
hendaknya  lebih  aktif  dalam  melakukan  inovasi  pembelajaran,  agar  siswa  tidak 
merasa  bosan,  tidak  kesulitan  dalam  memahami  materi  dan  aktif  selama 
pembelajaran, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini 
untuk  menemukan  sesuatu  yang  baru  dan  mengarah  pada  kebaikan  hingga  pada 
akhirnya benar-benar bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan.
