• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Kristina Kumalasari_001.pdf (123.5Kb)
    Date
    2013-10-25
    Author
    KRISTINA KUMALASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan di SD saat ini sangat penting karena SD adalah dasar atau pondasi dari segala pendidikan. Di SD siswa diajarkan konsep-konsep yang sangat mendasar yang berkaitan dengan gejala-gejala alam di lingkungan. Dari awal konsep yang diterima siswa harus benar secara ilmiah. Hal ini perlu diperhatikan karena apabila siswa tidak menerima konsep yang benar secara ilmiah maka dalam jenjang pendidikan selanjutnya siswa akan mengalami kesulitan dalam menghubungkan dengan konsep-konsep yang relevan. Untuk itu tanggung jawab guru SD sangat besar karena berperan penting dalam menanamkan konsep-konsep dasar pada siswa. Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan tersebut diperlukan kesiapan dan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajarannya. Agar pemberlajaran efektif dan siswa memahami materi yang diajarkan, maka dalam memberikan penjelasan materi guru perlu menggunakan media. Berdasarkan latar belakang tersebut diperoleh rumusan masalah:1) Adakah perbedaan hasil belajar yang menggunakan media manipulatif dengan hasil belajar yang menggunakan media gambar; 2) Bagaimanakah ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media manipulatif; 3) Bagaimanakah ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media manipulatif dan media gambar; 2) Untuk melihat ketuntasan hasil belajar siswa dengan media manipulatif pada mata pelajaran IPA; 3) Untuk melihat ketuntasan hasil belajar siswa dengan media gambar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Tembokrejo mulai tanggal 10 Maret 2011 sampai 26 Maret 2011 dengan subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas VA dan VB SDN 2 Tembokrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Ekperimental dengan menggunakan metode pengumpulan data antara lain tes, observasi, dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data digunakan: Uji t tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara yang menggunakan media manipulatif dan yang menggunkan media gambar; ketuntasan hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar pada kelas yang menggunakan media manipiulatif dan kelas yang menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t tes yang diperoleh sebesar thiting = 5,978 sedang t tabel = 1.99867, sehingga thitung > t tabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA menggunakan media manipulatif dan media gambar di SDN 2 Tembokrejo. Pada ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media manipulatif sebesar 84,8% sedangkan ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar sebesar 78,7%. Berdasarkan hasil belajar siswa tersebut di atas, maka dapat diartikan bahwa penelitian menggunakan media manipulatif lebih bagus dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena hasil belajar siswa terbilang sangat tuntas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan media manipulatif dengan hasil belajar yang menggunakan media gambar; 2) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media manipulatif sebesar 84,8% dengan rata-rata nilai 74,81 dimana 5 siswa tidak tuntas secara perorangan; 3) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar sebesar 78,7% dengan rata-rata nilai 68,15 dimana 7 siswa tidak tuntas . Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini antara lain: 1) Pada saat melaksanakan pembelajaran hendaknya guru menggunakan media pembelajaran agar materi yang disampaikan pada siswa dapat dipahami dengan baik; 2) Pada saat pembelajaran menggunakan media manipulatif lebih baik dari media gambar, karena siswa di ajak untuk berpikir konkrit sehingga materi yang di berikan pada siswa di terima dengan baik; 3) Sebaiknya guru memberikan contoh konkrit kepada siswa agar materi dan konsep yang diterima siswa dapat memahami pelajaran dan dapat diingat dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1415
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga). 

      Ikhsanul Halikin (2013-12-24)
      Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ...
    • TINDAK TUTUR BERBAHASA INDONESIA DALAM PERCAKAPAN ANTARANAK KOS JEMBER MELALUI MEDIA HANDPHONE MELALUI MEDIA HANDPHONE MELALUI MEDIA HANDPHONE 

      Fahmi Hary Subagyo (2015-04-09)
      Tindak tutur adalah tindakan yang menunjukkan kegiatan dalam bertutur atau tindakan yang dilakukan melalui ujaran. Tindak tutur dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, karena tindak tutur merupakan kegiatan ...
    • PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) 

      Silvia Agustin (2013-07-30)
      Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository