MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI DAN MEDIA GAMBAR KELAS V SEMESTER II DI SDN PALERAN 05 KEC. UMBULSARI KABUPATEN JEMBER 2010/2011
Abstract
Pendidikan  sangat  menentukan  kualitas  kehidupan  bangsa.  Peran  pendidikan 
sangat  penting  untuk  menciptakan  kehidupan  yang  cerdas,  damai  terbuka  dan 
demokratis.  Kualitas  pembelajaran  harus  ditingkatkan  untuk  meningkatkan  kualitas 
hasil pendidikan, sehingga harus ditemukan strategi atau metode yang efektif di kelas, 
yang  lebih  memberdayakan  potensi  siswa.  Salah  satu  metode  yang  efektif  di  kelas 
yang lebih memberdayakan potensi siswa adalah metode diskusi dan media gambar. 
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui 
peningkatan  aktivitas  siswa  dalam  pembelajaran  IPS  pokok  bahasan  Proklamasi 
Kemerdekaan  Republik  Indonesia  melalui  penerapan  metode  diskusi  dan  media 
gambar  kelas  V  semester  II  SDN  Paleran  05  Kecamatan  Umbulsari  Kabupaten 
Jember Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam 
pembelajaran  IPS  pokok  bahasan  Proklamasi  Kemerdekaan  Republik  Indonesia 
melalui  penerapan  metode  diskusi  dan  media  gambar  kelas  V  semester  II  SDN 
Paleran 05 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011.  
Pengambilan  data  dilaksanakan  di  SD  Negeri  Paleran  05  mulai  tanggal  24 
Januari sampai 05 Februari 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa 
kelas  V.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  dengan  menggunakan 
pendekatan kualitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema 
dari hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa 
data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis  statistik  deskriptif.  
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. 
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. 
Berdasarkan  penelitian  yang  telah  dilakukan  dapat  diambil  kesimpulan 
sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode 
diskusi  dan  media  gambar  pada  siklus  I  dengan  kriteria  cukup  aktif  dan  siklus  II 
dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I 
sebesar 47,2% dan pada siklus II sebesar 77,7%, (2) Pembelajaran IPS menggunakan 
metode  diskusi  dan  media  gambar  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  yang 
diperoleh  dari  persentase  ketuntasan  hasil  belajar siswa  pada  siklus  I  secara  klasikal 
sebesar 58,3% dan siklus II secara klasikal sebesar 75% atau dapat dikatakan tuntas.
