• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN TEGALREJO 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ita Undziratul Laila_001.pdf (990.9Kb)
    Date
    2013-10-25
    Author
    Ita Undziratul Laila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki aktivitas dalam pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan Pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner?; (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa?; (3) Bagaimanakah peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa?. Teori Bruner dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran karena dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar pada dasarnya sangatlah abstrak sehingga diperlukan pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner. Pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dipilih karena dalam pembelajaran Talking Stick dapat tercipta keaktifan siswa melalui media permainan tongkat yang diberikan dari satu siswa ke siswa lainnya, yang memegang tongkat itulah yang memperoleh kesempatan untuk menjawab pertanyaan. Teori Bruner menyajikan tiga tahapan dalam pembelajaran untuk siswa, yakni tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prosentase ketuntasan hasil belajar selama pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN Tegalrejo 01 tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 44 anak yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan model Hopkins yaitu model skema yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar si swa berupa ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal. Penelitian ini dilakukan tanggal 1-4 Juni 2011 untuk melakukan siklus I dan tanggal 7-9 Juni 2011 untuk melaksanakan siklus II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Rata-rata aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 29,05% (kategori tidak aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,64% (kategori sangat aktif). Ketuntasan belajar siswa juga meningkat pada siklus I mencapai 68%, dimana 30 siswa dapat dikatakan tuntas dan 14 siswa belum tuntas. Pada siklus II mencapai 91%, dimana 40 siswa dapat dikatakan tuntas dan 4 siswa belum tuntas. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Serta berdasarkan KKM mata pelajaran matematika yang telah ditetapkan di SDN Tegalrejo 01 hasil belajar siswa dapat dikatan tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dengan materi penjumlahan dan pengurangan berjalan dengan baik, siswa terlihat aktif pada saat melakukan percobaan dengan menggunakan alat peraga dan menemukan konsep sendiri dengan menggunakan alat peraga tersebut; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (3) hasil belajar siswa selama pembelajaran Talking Stick Berbasis Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal. Saran yang bisa diberikan yakni model pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1411
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository