PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN ROKOK GUDANG GARAM SURYA PROMILD DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dan penelitian konfirmatori
yang bertujuan menganalisis hubungan antar variabel dan menguji suatu teori.
Penelitian ini dilakukan dengan memilih para konsumen rokok Gudang Garam
Surya ProMild di Kota Jember yang berusia minimal 17 tahun sebagai
populasinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
didapatkan dari wawancara dengan menggunakan kuisioner pada 108 responden
penelitian yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda
pendekatan konfirmatori.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa brand Image yang terdiri
dari variabel keunggulan asosiasi merek, variabel kekuatan asosiasi merek, dan
keunikan asosiasi merek berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap
keputusan pembelian dengan nilai untuk keunggulan asosiasi merek yaitu 1,283,
kekuatan asosiasi merek yaitu 0,235, dan keunikan asosiasi merek yaitu 0,079.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand image yang terdiri dari
keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan keunggulan
asosiasi merek sebagai variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan
pembelian.