PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN (Studi Empiris pad DANLEVERAGE TERHADAP LUAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Indonesia tahun 2007 - 2011)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah
profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap luas pengungkapan
corporate social responsibility. Pengukuran corporate social responsibility
didasarkan dengan pendekatan dikotomi atau dummy variabel untuk
menghitung corporate social responsibility indeks (CSRI) yang dilihat dari
laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2007-
2011. Profitabilitas diukur dengan skala rasio ROA, leverage diukur dengan
skala rasio DER. Sampel dari penelitian ini adalah perusahan pertambangan
yang terdaftar dan menerbitkan laporan tahunan di Bursa Efek Indonesia
tahun 2007-2011 dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah
sampel sebanyak 107 perusahaan dengan lima tahun pengamatan. Proses
analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah statistik deskriptif, uji
asumsi klasik kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Data yang
digunakan adalah laporan tahunan dari masing-masing perusahaan sampel
yang dipublikasikan melalui situs www.idx.co.id dan didukung oleh website
perusahaan sampel.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas
yang diukur dengan rasio ROA dan leverageyang diukur dengan rasio DER
berpengaruh positif signifikan terhadap luas pengungkapan corporate social
responsibility.