MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SDN KEMIRI 03 PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pembelajaran  bahasa  Indonesia  di  SD  diarahkan  agar  siswa  terampil 
berkomunikasi  baik  secara  lisan  maupun  tulis.  Keterampilan  Menulis  surat  pribadi 
merupakan  salah  satu  keterampilan  menulis  yang  perlu  diajarkan  pada  siswa 
khususnya  siswa  kelas  V  sebagai  kemampuan  dasar  yang  harus  dimiliki  sebelum 
mereka mempelajari surat-surat yang bersifat resmi atau dinas. 
  Observasi awal menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam 
memahami  materi  pembelajaran  menulis  surat  pribadi,  mengungkapkan  ide,  pilihan 
kata yang sesuai, serta kesulitan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat. 
Sehingga hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan belajar. 
  Pembelajaran  yang  tergambar  di  atas  kurang  efektif,  sehingga  perlu  adanya 
perbaikan dalam kegiatan pembelajaran, yakni dengan menerapkan suatu strategi atau 
pendekatan yang tepat dan efektif yang dapat merangsang minat siswa dalam belajar 
menulis surat pribadi. Salah satu pendekatan yang dianggap sesuai adalah pendekatan 
kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang 
dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. 
Berdasarkan  alasan  yang  telah  dikemukakan,  penelitian  ini  mengangkat 
permasalahan  sebagai  berikut:  1)  bagaimanakah  prosedur  penerapan  pendekatan 
kontekstual dalam meningkatkan kemampuan  menulis surat pribadi pada siswa kelas 
V  SDN  Kemiri  03  Panti  Jember,  2)  bagaimanakah  hasil  belajar  siswa  kelas  V  SDN 
Kemiri  03  dalam  menulis  surat  pribadi  setelah  pembelajaran  dengan  pendekatan 
kontekstual.  Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) memaparkan upaya 
meningkatkan  kemampuan  menulis  surat  pribadi  melalui  penerapan  pendekatan 
kontekstual pada siswa kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember, 2) meningkatkan hasil 
belajar  menulis  surat  pribadi  dengan  menggunakan  pendekatan  kontekstual  siswa 
kelas V SDN Kemiri 03 Panti Jember. 
Rancangan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan 
kelas.  Penelitian  dilakukan  di  SDN  Kemiri  03  Kecamatan  Panti  Jember  dengan 
jumlah  siswa  13,  terdiri  atas  10  siswa  laki-laki  dan  3  siswa  perempuan.  Penelitian 
dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.  
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  prosedur  pambelajaran  menulis  surat 
pribadi  melalui  pendekatan  kontekstual  siswa  kelas  V  SDN  Kemiri  03  yang 
dipandang  efektif  untuk  meningkatkan  kemampuan  siswa  dalam  menulis  surat 
pribadi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat mengembangkan potensi siswa 
dalam menulis surat pribadi secara optimal, serta memberi peluang bagi siswa untuk 
belajar secara aktif. 
Kemampuan  siswa  dalam  menulis  surat  pribadi  setelah  diterapkannya 
pendekatan  kontekstual,  dapat  diketahui  dengan  adanya  peningkatan  hasil  belajar 
dalam  tiap  siklus.  Pada  tahap  Prasiklus  siswa  yang  mencapai  ketuntasan  belajar 
sebanyak  3  siswa  (23%),  sedangkan  siswa  yang  tidak  tuntas  sebanyak  10  siswa 
(77%).  Pada  siklus  I  siswa  yang  mencapai  ketuntasan  belajar  sebanyak  7  siswa 
(54%),  sedangkan  siswa  yang  tidak  tuntas  sebanyak  6  siswa  (46%).  Pada  siklus  II 
ketuntasan  belajar  siswa  mencapai  77%  (10  siswa),  sedangkan  siswa  yang  tidak 
tuntas mencapai 23% (3 siswa).  
Berdasarkan  hasil  penelitian  ,dapat  disarankan  sebagai  berikut.  Bagi  siswa, 
hasil  penelitian  ini  dapat    menambah  pengetahuan  dan  meningkatkan  kemampuan 
dalam  menulis  surat  pribadi  melalui  pendekatan  kontekstual.  Bagi  peneliti, 
diharapkan  dapat  bermanfaat  sebagai  masukan  pengetahuan  serta  dapat 
menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya sekolah dasar.
