PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI
Abstract
Penerapan metode yang kurang inovatif  yaitu hanya memakai metode ceramah 
dan  pemberian  tugas  serta  tidak  menggunakan  media  pada  saat  kegiatan  belajar 
mengajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Kurangnya aktivitas pada diri 
siswa menambah suasana proses belajar mengajar semakin pasif. 
Penggunaan model Think-Talk-Write dengan media gambar ini sengaja peneliti 
pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan serta 
meningkatkan  hasil  belajar  siswa.  Model  Think-Talk-Write  adalah  suatu  model 
pembelajaran  yang  membangun  secara  tepat  untuk  berfikir  dan  refleksi  untuk 
mengorganisasikan  ide-ide  serta  mengetes  ide  tersebut  sebelum  menulis.  Media 
sebagai  alat  bantu  dalam  proses  pembelajaran  mempunyai  fungsi  melancarkan  jalan 
menuju  tercapainya  tujuan  pengajaran  yang  akan  menghasilkan  proses  dan  hasil 
belajar yang lebih baik. 
Rumusan  masalah  pada  penelitian  ini  adalah  :  (1)  Bagaimanakah  peningkatan 
aktivitas  belajar  siswa  dengan  menerapkan  model  Think-Talk-Write  dengan  media 
gambar pada siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan Kegiatan Ekonomi Di 
Indonesia  di  SD  Negeri  7  Kajarharjo  Kecamatan  Kalibaru  Kabupaten  Banyuwangi 
Semester  Ganjil  Tahun  Ajaran  2011-2012?,  (2)  Bagaimanakah  peningkatan  hasil 
belajar  siswa  dengan  menerapkan  model  Think-Talk-Write  dengan  media  gambar 
pada  siswa  kelas  V  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  Kegiatan  Ekonomi  Di 
Indonesia  di  SD  Negeri  7  Kajarharjo  Kecamatan  Kalibaru  Kabupaten  Banyuwangi 
Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012? Tujuan  penelitian  yang  dicapai  pada  penelitian  ini  adalah  :  (1)  Meningkatkan 
aktivitas  belajar  siswa  kelas  V  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  Kegiatan 
Ekonomi  Di  Indonesia  dengan  menggunakan  penerapan  Think-Talk-Write  dengan 
media  gambar  di  SD  Negeri  7  Kajarharjo  Kecamatan  Kalibaru  Kabupaten 
Banyuwangi  Semester  Ganjil  Tahun  Ajaran  2011-2012,  (2)  Meningkatkan  hasil 
belajar  IPS  pokok  bahasan  Kegiatan  Ekonomi  Di  Indonesia  dengan  menggunakan 
penerapan Think-Talk-Write dengan media gambar pada kelas V Semester Ganjil SD 
Negeri Kajarharjo Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2011-
2012. 
Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  model  Think-Talk-Write 
dengan  media  gambar.  Model  TTW  ini  memiliki  3  aspek  penting  yaitu  berpikir 
(Think),  diskusi  (Talk),  dan  menulis  (Write).  Media  gambar  disini  berfungsi  sebagai 
perantara  dalam  menyampaikan  pesan.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  peneliti 
adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa 
penerapan  model  Think-Talk-Write  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar 
siswa  kelas  V  SDN  7  Kajarharjo  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  kegiatan 
ekonomi  di  Indonesia  semester  ganjil  tahun  pelajaran  2011-2012.  Peningkatan 
aktivitas  belajar  siswa  dapat  dilihat  dari  skor  rata-rata  yang  diperoleh  sebelum  pada 
siklus  I adalah   menjadi 58,42% dan pada siklus  II mendapat skor  rata-rata 67,83%. 
Hal  ini  berarti  aktivitas  belajar  siswa  meningkat  dari  kriteria  sedang  menjadi  aktif. 
Peningkatan pada hasil belajar juga  menjadi baik  yang dibuktikan dengan  nilai rata-
rata 76,19% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 79,13% pada siklus II. 
Berdasarkan  analisis  dan  pembahasan,  maka  dapat  disimpulkan  bahwa 
penggunaan  model  Think-Talk-Write  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar 
siswa  pada  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  kegiatan  ekonomi  di  Indonesia  pada 
siswa  kelas  V  SDN  7  Kajarharjo  tahun  ajaran  2011-2012.  Peneliti  memberi  saran, 
dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa diharapkan model Think-
Talk-Write digunakan sebagai alternative dalam proses pembelajaran.
