MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I DI SDN GEBANG 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Latar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan hasil observasi awal di
lapangan,  peneliti  mengobservasi  kegiatan  pembelajaran  membaca  permulaan  yang
dilakukan  oleh  guru  kelas  I  SDN  Gebang  03  dan  mengobservasi  aktivitas  siswa
dalam  mengikuti  kegiatan  pembelajaran  membaca  permulaan.  Hasil  observasi  pada
pembelajaran  ini  adalah keterampilan membaca permulaan pada  siswa  kelas I  SDN
Gebang  03 masih rendah,  dari  33  siswa  ada  23  siswa  yang  belum  bisa  membaca
dengan benar, kurang lancar (masih mengeja), dan suara tidak nyaring. Berdasarkan
observasi  dan wawancara  dari  siswa  bahwa pelajaran  bahasa  Indonesia  kurang
menarik  dan  membosankan.  Dipandang  dari  segi  guru,  kurangnya keterampilan
membaca permulaan disebabkan  karena  dalam  proses  pembelajaran  guru  hanya
ceramah  kepada siswa.  Hal  lain  dapat  disebabkan karena  guru  kurang  tepat  dalam
penggunaan media. Salah  satu media pembelajaran  yang  dapat  merangsang  siswa
untuk  belajar  adalah  dengan media pembelajaran kartu  kata. Permasalahan  dalam
penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran membaca permulaan
dengan  menggunakan media kartu  kata untuk meningkatkan  keterampilan membaca
permulaan  siswa  kelas  I  SDN  Gebang  03, (2) bagaimanakah  peningkatan
keterampilan  membaca  permulaan  siswa  kelas  I  SDN Gebang  03 setelah
dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata. Tujuan penelitian
ini  adalah  mendeskripsikan  penerapan  pembelajaran  dengan  media kartu  kata untuk
meningkatkan  kemampuan membaca  permulaan  siswa  kelas  I SDN  Gebang  03,
meningkatkan  keterampilan membaca  permulaan  siswa  kelas  I  SDN Gebang  03
setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata.Penelitian  ini  menggunakan  rancangan  penelitian  tindakan  kelas  secara
kolaboratif.  Penelitian  dilaksanakan  dalam  dua  siklus,  dilakukan  secara  kolaboratif
antara  peneliti  dan  guru.  Data  penelitian  diperoleh  dari  hasil  observasi,  tes,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis kuantitaif.
Hasil  penelitian  diperoleh  dari  penerapan  media  kartu  kata  dalam
pembelajaran  keterampilan  membaca  permulaan.  Melalui  media  kartu  kata  siswa
mampu  membaca  dengan  benar  dan  lancar.  Kemampuan  siswa  setelah  mengikuti
pembelajaran  dengan  menggunakan  media  kartu  kata  bergambar  adalah  meningkat,
tingkat  ketuntasan  pada  siklus  I  mencapai 60,6%.  Pada  siklus  II  menjadi  93,9%.
Peningkatan  tingkat  ketuntasan  siswa  dari  siklus  I  ke  siklus  II  menunjukkan  bahwa
secara  klasikal  penerapan  media  kartu  kata  berhasil  membuat  siswa  aktif  selama
pembelajaran berlangsung.
Saran  yang  ingin  disampaikan  yaitu guru  SD  khususnya  guru  kelas  I, jika
menggunakan  media  kartu  kata  hendaknya  mempersiapkan  materi  dengan  baik
dengan pengaturan alokasi waktu yang efektif. Mahasiswa calon peneliti, hendaknya
sebelum  melakukan  penelitian  terlebih  dahulu  menguasai  materi,  memperkuat
referensi maupun metodologi yang akan digunakan dalam penelitian.
