PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 1 PANJI
Abstract
Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran
quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas
XI IPA 3 SMAN 1 Panji?, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar
siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode
eksperimen pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji?.
Berdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu:
(1) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran
quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa
kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji, 2) Untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar
siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode
eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subjek penelitian
sudah ditetapkan di kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji yang dimulai tanggal
28 Nopember 2012 sampai dengan 12 Desember 2012. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data
yang didapatkan adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar
pada pra siklus, siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang
studi dan siswa yang berdasarkan hasil observasi dengan instrumen observasi.
Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test.
Aktivitas belajar dan ketuntasan belajar fisika siswa dari pra siklus, siklus I
ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi
bertanya, berdiskusi, mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan,
bekerjasama dalam melaksanakan eksperimen dan menganalisis data.
Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar fisika pada pra siklus diperoleh
ketuntasan hasil belajar fisika secara clasical sebesar 40%. Pada siklus I diperoleh
ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 60%. Siklus II
diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 76,7%.
Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum
teaching dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji.