Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII D Semester Ganjil SMPN 1 Pakusari Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan sangat
pesat. Perkembangan di bidang pendidikan dewasa ini merupakan satu dari
sedemikian banyak cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk
memenuhi perkembangan zaman. Walaupun tak sedikit siswa Indonesia yang
mampu menjuarai olimpiade Matematika dan IPA di tingkat internasional, namun
secara umum kemampuan siswa Indonesia di dua bidang itu sangat minim.
Terdapat berbagai macam faktor yang menjadi penyebab kurangnya
pemahaman siswa terhadap konsep matematika, diantaranya metode pembelajaran
yang digunakan oleh guru. Begitu halnya di SMP Negeri 1 Pakusari. Dari hasil
observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas VIII
yang dilaksanakan di SMPN 1 Pakusari, menunjukkan bahwa proses
pembelajaran selama ini masih menggunakan metode pembelajaran langsung
yang hanya terpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan siswa sangat lemah dalam
pemahaman konsep. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, maka
diperlukan pembelajaran kooperatif yang tidak hanya bertujuan memahamkan
siswa terhadap materi yang akan dipelajari namun lebih menekankan pada melatih
siswa untuk mempunyai kemampuan sosial, yaitu kemampuan untuk saling
bekerja sama, saling berkelompok dan saling bertanggung jawab di dalam
kelompoknya masing-masing.
Dalam pembelajaran ini digunakan pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation dengan subjek penelitiannya siswa kelas VIIID SMPN 1 Pakusari.
Disini siswa bekerja dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan tugas, membuat
produk, berbagi ide dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan
viii
suatu masalah. Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation ini merupakan
pembelajaran yang terstruktur dengan enam tahapan, yaitu : 1)
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada
topik bahasan teorema Phytagoras kelas VIII D SMPN I Pakusari memberikan
kontribusi yang baik terhadap kemampuan siswa dalam melaksanakan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sesuai dengan 6 tahapan yang
dilakukan. Kemampuan siswa ini juga mendukung aspek kognitif dan afektif
siswa khususnya pembentukan karakter kreatif dan teliti yang diimplementasikan
dengan kerjasama antar siswa pada tahapan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation.
Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 27 Nopember 2012 sampai dengan
6 Desember 2012. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa analisis aktifitas
siswa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada topik bahasan
teorema Phytagoras kelas VIII D SMPN I Pakusari siklus 1 sebesar 82,67 % dan
siklus II sebesar 91,24 %. Sehingga rata-rata seluruh aktivitas siswa selama
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah 86,95
% dan dapat dikategorikan sangat aktif.
Dari nilai tes akhir dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation pada topik bahasan teorema Phytagoras kelas VIIID SMPN I
Pakusari mengalami kenaikan tingkat ketuntasan hasil belajar dari siklus I sebesar
88,57% menjadi 94,29% dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
maka pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII D
SMPN I Pakusari.