Show simple item record

dc.contributor.authorAzizunnisa
dc.date.accessioned2013-10-22T06:47:54Z
dc.date.available2013-10-22T06:47:54Z
dc.date.issued2013-10-22
dc.identifier.nimNIM070210204124
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1373
dc.description.abstractObservasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Bagorejo masih kurang. Dari segi metode yang digunakan oleh guru, metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penugasan. Selain itu siswa jarang sekali mendapatkan kesempatan untuk melakukan percobaan atau pengamatan dalam rangka menemuakan sendiri informasi. Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Dengan demikian, metode Discoverymerupakan alternatif yang cocok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 02 Bagorejo pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan wujud benda Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penemuan (Discovery) adalah prosedur pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk dapat memanipulasi objek, melakukan percobaan, pengamatan, membuat analisis serta menyimpulkan hasil pengamatan. Dengan demikian, pengetahuan yang diperoleh siswa dapat tahan lama dalam ingatan siswa. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ingin mengangkat permasalahan: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN 02 Bagorejo pada mata pelajaran IPApokok bahasan sifat dan wujud benda melalui metode penemuan (Discovery)? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN 02 Bagorejo pada mata pelajaran IPA pokok bahasn sifat dan wujud benda melalui metode penemuan (Discovery. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran yang menggunakan metode Discovery sangat baik, pelaksanaan ditiap siklusnya menunjukkan peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 70,3% meningkat menjadi 71,8% pada pertemuan 2, sedangkan pada siklus II persentase rata-rata meningkat menjadi 76,5. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai kesiklus akhir yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,5, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 77,5. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa kelas IV meningkat lagi menjadi 84,2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasn sifat dan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 02 Bagorejo tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru: penerapan metode Discoverydapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, hasil penelitian tentang metode Discovery dapat digunakan sebagai sarana informasi alternative metode pembelajaran IPA yang efektif guna meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode Discovery serta mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204124;
dc.subjectMETODE PENEMUAN (DISCOVERY)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN POKOK BAHASAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PENEMUAN (DISCOVERY)PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BAGOREJO KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record