• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROBLEM POSING TIPE SEMI TERSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 3 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Eko Nurani Setiawan_1.pdf (777.5Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    EKO NURANI SETIAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengkaji pengaruh hasil belajar fisika siswa menggunakan model problem posing tipe semi terstruktur dalam pembelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 3 Jember. Dan untuk mengkaji aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model problem posing tipe semi terstruktur dalam pembelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Post-Test Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk membuktikan pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember. Analisis data kognitif produk diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar Fisika kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember. analisis data kognitif produk diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas siswa (Ha diterima, Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran terdapat pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas belajar Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1). Ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap hasil belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember. (2). Ada pengaruh model problem posing tipe semi terstruktur terhadap aktivitas belajar Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13638
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository