PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TENTANG LAYOUT, SUASANA LINGKUNGAN, DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA GIANT HYPERMARKET BANYUWANGI
Abstract
Pembelian tidak terencana atau yang disebut dengan pembelian impulsif
banyak terjadi di minimarket atau swalayan yang menyediakan kebutuhan pokok atau
sandang pangan. Pembelian impulsif umumnya terjadi pada saat konsumen berada
didalam toko yang dapat dipengaruhi oleh layout yang menarik, suasana lingkungan
yang nyaman, serta adanya promosi yang ditawarkan. Permasalahan dalam penelitian
ini yang pertama adakah pengaruh yang signifikan dari persepsi konsumen tentang
layout, suasana lingkungan, dan promosi terhadap pembelian impulsif pada Giant
Hypermarket Banyuwangi. Permasalahan yang kedua yaitu manakah diantara
variabel layou, suasana lingkungan, dan promosi yang berpengaruh dominan terhadap
pembelian impulsif pada Giant Hypermarket Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen tentang layout, suasana lingkungan
dan promosi terhadap pembelian impulsif pada Giant Hypermarket Banyuwangi dan
untuk mengetahui faktor yang dominan antara layout, suasana lingkungan, dan
promosi dalam mempengaruhi konsumen melakukan pembelian impulsif pada Giang
Hypermarket Banyuwangi.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian
impulsif pada Giant Hypermarket Banyuwangi. Sampel dalam penelitian ini adalah
sebesar 40 sampel dengan pertimbangan bahwa jumlah tersebut sudah melebihi
jumlah minimal sampel dalam penelitian (n=30) Variabel yang diteliti adalah layout
(x1),Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis
inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi
Y=3,984+0,088X
1
+0,200X
2
+0,350X
,sehingga terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara layout, suasana lingkungan, dan promosi terhadap pembelian
impulsif pada Giant Hypermarket Banyuwangi. Hasil pengujian secara simultan
diperoleh F
hitung
sebesar 52,038 dan F
3
sebesar 2,87 maka (52,038
≥ 2,87) yang
berarti signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial
variabel layout diperoleh t
hitung
tabel
sebesar 2,698 dan t
sebesar 2,000 dengan nilai
signifikansi (2,698 ≥ 2,000) variabel suasana lingkungan t
ix
tabel
hitung
sebesar 7,100 dan t
sebesar 2,000 dengan nilai signifikansi (7,100 ≥ 2,000) variabel promosi t
sebesar 9,249 dan t
sebesar 2,000 dengan nilai signifikansi (9,249 ≥ 2,000), hal ini
berarti hipotesis alternatif diterima. Koefisien determinan berganda (R²) sebesar
0,813.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan layout, suasana
lingkungan, dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelian
impulsif pada Giant Hypermarket Banyuwangi sebesar 81,3% sedangkan sisanya
18,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Secara parsial promosi
mempunyai pengaruh yang dominan daripada layout, suasana lingkunga, dan promosi
terhadap pembelian impulsif pada Giant Hypermarket Banyuwangi. Adapun proporsi
sumbangan layout sebesar 8,65%, suasana lingkungan sebesar 26,67%, dan promosi
sebesar 45,97%.