WACANA ARGUMENTASI DALAM RUBRIK ”OPINI” PADA SURAT KABAR HARIAN ”JAWA POS” DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS DI SMA
Abstract
Wacana argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian  Jawa Pos  disusun 
secara logis oleh penulis dengan mengemukakan alasan dan bantahan sedemikian 
rupa yang dapat meyakinkan pembaca untuk menyetujui  ide dari wacana yang 
ditulisnya tersebut. Untuk mendapatkan pemahaman wacana, dapat dilakukan melalui 
analisis struktur dan proposisi wacana tersebut.  Wacana argumentasi dalam rubrik 
opini pada surat kabar harian  Jawa Pos  juga  dapat dimanfaatkan sebagai materi 
pembelajaran membaca kritis di SMA. Oleh karena itu,  rumusan masalah dalam 
skripsi ini adalah: 1)  bagaimanakah  struktur  wacana argumentasi dalam rubrik 
”Opini” pada surat kabar harian ”Jawa Pos”?; 2)  bagaimanakah  proposisi  wacana 
argumentasi dalam rubrik ”Opini” pada surat  kabar harian ”Jawa Pos”? Kajian ini 
meliput i: (a)  implikatur; (b)  inferensi; dan (c)  referensi; dan 3)  bagaimanakah 
pemanfaatan wacana argumentasi dalam rubrik ”Opini” pada surat kabar harian 
”Jawa Pos” untuk pembelajaran membaca kritis di SMA? 
Tinjauan pustaka dalam  penelitian  ini meliputi:  (1) wacana, (2) wacana 
argu mentasi,  (3) membaca (4) membaca kritis, dan (5) pembelajaran membaca kritis 
di SMA. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangannya 
adalah kualitatif.    Sumber data penelitian ini adalah surat kabar harian  Jawa Pos, 
sedangkan  data penelitian  ini adalah kalimat-kalimat dalam wacana argumentasi 
rubrik opini surat kabar harian  Jawa Pos.  Teknik pengumpulan data menggunakan 
teknik dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan  instrumen  penelitian berupa tabel  pemandu 
pengumpul data dan tael  pemandu analisis data. Prosedur  penelitian meliput i tiga  
tahap yaitu (1) tahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; dan (3) tahap penyelesaian. 
Hasil dan kesimpulan penelitian ini yaitu: Pertama, struktur wacana argumentasi 
dalam rubrik opini pada surat kabar harian  Jawa Pos  terdiri atas pendahuluan, 
argumen, dan  penegasan.  Bagian  pendahuluan,  penulis menunjukkan (a) betapa 
pentingnya topik argumentasi, ketepatan waktu, dan bagaimana kedudukannya di 
antara masalah-masalah lainnya; dan (b) menjelaskan latar belakang  historis 
argumentasinya.  Bagian  argumen menggunakan proses penalaran definisi, sebab 
akibat, perbandingan, dan analogi.  Bagian  penegasan, penulis menegaskan pokok-
pokok penting argumen.  Kedua, proposisi wacana argumentasi dalam rubrik opini 
pada surat kabar harian  Jawa Pos  menunjukkan: 1) implikatur didasarkan pada (a) 
sumbangan informasi sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman pembaca, dan (b) 
sumbangan informasi sesuai dengan tingkat penerimaan pembaca; 2) inferensi dalam 
wacana tersebut dapat ditafsirkan dengan menggunakan (a) prinsip analogi, dan (b) 
prinsip penafsiran lokal; serta 3) referensi yang digunakan mengacu pada (a) referensi 
personal, (b) referensi demonstratif, dan (c) referensi komparatif.  Ketiga, wacana 
argumentasi dalam rubrik opini pada surat kabar harian Jawa Pos dapat dimanfaatkan 
dalam pembelajaran membaca kritis di SMA kelas XII semester 1. Pemanfaatan 
tersebut pada standar kompetensi “3. Memahami artikel dan teks pidato” dengan 
kompetensi dasar “3.1. Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel 
melalui kegiatan membaca intensif”.  
Berdasarkan hasil dan pembahasan,  dapat  diberikan saran:  1)  bagi pembelajaran 
Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai 
alternatif materi pembelajaran membaca kritis di SMA serta dapat dijadikan sebagai 
referensi dalam menambah pengetahuan tentang wacana; dan  2)  bagi peneliti 
selanjutnya, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan dan masukan 
untuk melakukan penelitian lanjutan.
