Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Nurjanah
dc.date.accessioned2013-12-27T07:21:05Z
dc.date.available2013-12-27T07:21:05Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM060210193099
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13495
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team-Achievement Divisions) dengan metode praktikum terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo serta mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team-Achievement Divisions) dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo. Dalam penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain eksperimen semu pda kelas XI IPA SMA Negeri 1 purwoharjo-banyuwangi. Kegiatan pengumpulan data dilakukan observasi, dokumentasi, wawancara terhadap guru maupun siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji homogenitas dengan analisis varian (ANACOVA) terhadap data hasil penelitian. Dari hasil observasi, aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen XI IPA-1 dan kelas kontrol XI IPA-4 dapat dianalisis data dengan menggunakan metode independent sample t-test (Lampiran R). Hasil perhitungan menggunakan SPSS 15 menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% hasil (Signifikansi) 0,041 yang artinya kurang dari 0,05. Jika dikonsultasikan dengan hipotesis uji t maka Ho ditolak atau Ha diterima dengan kata lain rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan perhitungan secara manual untuk membandingkan rerata selisih nilai aktivitas siswa untuk 3 kali pertemuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perbandingan selisih rerata aktivitas siswa pertemuan 1,2 dan 3 dapat diketahui bahwa nilai rerata aktivitas pertemuan 1,2 dan 3 pada kelas eksperimen lebih tinggi (62,17) jika dibandingkan rerata selisih aktivitas siswa pada kelas kontrol (57,33). Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar biologi menggunakan penerapan model pembelajaran Student Team- Achievement Divisions (STAD) dengan metode praktikum. Data hasil belajar kognitif yaitu berupa data hasil skor pre-test dan post-test, dimana data hasil yang diperoleh untuk menjawab permasalahan yang pertama yaitu’’ Adakah pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team-Achievement Divisions) dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa”. Data hasil pre-test dan posttest yang di laksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji perhitungan secara manual untuk membandingkan rerata selisih Pretest dan Posttest antara kelas eksperimen dan kelas control. Berdasarkan tabel perbandingan selisih rerata Pretest dan Posttest dapat diketahui bahwa selisih rerata Pretest dan Posttest kelas eksperimen lebih tinggi 51,35 jika dibandingkan selisih rerata Pretest dan Posttest kelas kontrol 41,60. Hasil ranah psikomotor dapat dilihat pada sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis Uji-t pada model pembelajaran STAD dengan metode praktikum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotor. Hasil analisis uji-t menggunakan metode analisis Independent Sample t-tes. Pada taraf signifikansi 5% menunjukkan rata2 hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol.sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh penerapan model STAD dengan metode praktikum meberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193099;
dc.subjectStudent Team-Achievement Divisions (STAD), Metode Praktikumen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMACHIEVE MENT DIVISIONS) DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWOHARJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record