Show simple item record

dc.contributor.authorNida Nailul Umamah
dc.date.accessioned2013-12-27T07:21:04Z
dc.date.available2013-12-27T07:21:04Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210101041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13494
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh UN sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan yang kompleksitas soalnya perlu disesuaikan dengan tingkat kemampuan berpikir siswa. Taksonomi SOLO (The Structure of the Observed Learning Outcome) merupakan alat yang mudah dan sederhana untuk menentukan tingkat kompleksitas soal atau pertanyaan. Berdasarkan uraian di atas, diadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui persentase masing-masing level taksonomi SOLO pada soal UN Matematika SMK tahun 2011/2012, dan untuk mengetahui komposisi level taksonomi SOLO pada setiap Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional (SKLUN) Matematika SMK tahun 2011/2012; Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan level soal dan komposisi SKLUN matematika SMK berdasarkan taksonomi SOLO. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen soal-soal UN matematika SMK tahun 2012 untuk tiga kelompok kejuruan, yaitu: (1) kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian; (2) kelompok Pariwisata, Seni, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan; dan (3) kelompok Akuntansi dan Penjualan. Dokumen tersebut diperoleh dari arsip yang dimiliki oleh SMKN 1 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa persentase masing-masing level pertanyaan taksonomi SOLO pada soal UN matematika SMK tahun 2012 yang berjumlah 120 soal adalah 0,84% berada pada level Unistruktural, 38,33% berada pada level Multistruktural dan 60,83% berada viii pada level Relasional serta 0% pada level Abstrak diperluas. Komposisi level taksonomi SOLO pada setiap SKLUN Matematika SMK tahun ajaran 2011/2012 berbeda-beda untuk masing-masing kelompok kejuruan. a) Pada kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertanian didominasi oleh SKL yang memuat dua level pertanyaan yaitu level Multistruktural (M) dan Relasional (R). Dari 13 SKL terdapat 6 SKL yang memuat dua level pertanyaan tersebut yaitu SKL nomor 1, 4, 5, 7, 10, 11, 12 dengan persentase level Multistruktural (M) berturut-turut 5%, 5%, 5%, 2,5%, 2,5%, 5%, 7,5% dan persentase level Relasional (R) berturut-turut adalah 5%, 2,5%, 2,5%, 2,5%, 7,5%, 2,5%, 2,5% . Untuk SKL nomer 2, 3, 8, 9 dan 13 hanya memuat satu level pertanyaan yaitu level Relasional (R) dengan persentase berturut-turut adalah 2,5%, 12,5%, 7,5%, 7,5% dan 2,5%. Untuk SKL nomer 6 hanya memuat level Multistruktural dengan persentase 10%. b) Pada kelompok Pariwisata, Seni, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan terdapat 5 Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Komposisi tiap-tiap SKL tersebut seragam yaitu memuat level Multistruktural (M) dan Relasional (R). Adapun persentase level Multistruktural (M) dari SKL nomer 1-5 berturut-turut adalah 12,5%, 5%, 2,5%, 7,5% dan 7,5%. Untuk level Relasional (R) berturut-turut adalah 7,5%, 22,5%, 7,5%, 10% dan 17,5%. c) Pada kelompok Akuntansi dan Pemasaran didominasi oleh SKL yang memuat dua level pertanyaan yaitu level Multistruktural (M) dan Relasional (R). Dari 10 SKL terdapat 6 SKL yang memuat dua level pertanyaan tersebut yaitu SKL nomor 1, 3, 4, 6, 8 dan 10 dengan persentase level Multistruktural (M) berturut-turut adalah 2,5%, 5%, 2,5%, 5%, 5%, 5% dan 12,5%. Adapun besar persentase level Relasional (R) untuk 6 SKL tersebut berturut-turut adalah 2,5%, 2,5%, 2,5%, 7,5%, 7,5%, 5%, 12,5% . Untuk SKL nomer 2, 5 dan 7 hanya memuat satu level pertanyaan yaitu level Relasional (R) dengan persentase berturut-turut 10%, 5% dan 5%. Untuk SKL nomer 9 memuat level Unistruktural (U), Multistruktural (M) dan Relasional (R) dengan persentase masing-masing 2,5%, 5% dan 7,5%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101041;
dc.subjectAnalisis Soal Ujian Nasionalen_US
dc.titleAnalisis Soal Ujian Nasional (UN) Matematika SMK Tahun Ajaran 2011/2012 Berdasarkan Taksonomi SOLOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record