• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Level Pertanyaan pada Soal Cerita dalam Buku Teks Matematika Penunjang SMK Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian Kelas X Terbitan Erlangga BerdasarkanTaksonomi SOLO

    Thumbnail
    View/Open
    Nida Milati - 080210191044_1.pdf (474.1Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Nida Milati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendapat Britton yang mengungkapkan bahwa penyajian buku teks matematika akan efektif jika disesuaikan dengan pemrosesan atau kemampuan kognitif pembacanya. Salah satu sajian dalam buku teks matematika yang perlu disesuaikan dengan pemrosesan kognitif pembacanya adalah tingkat kompleksitas pertanyaan pada soal, terutama pada soal cerita. Penyajian soal dalam bentuk cerita merupakan usaha menciptakan suatu cerita untuk menerapkan konsep yang sedang dipelajari sesuai dengan pengalaman sehari-hari. Hal tersebut sangat penting terutama bagi siswa SMK, khususnya program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu diadakan penelitian mengenai pengklasifikasian level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika penunjang program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian kelas X. Tujuan dari penelitian yaitu: (1) “untuk mengetahui persentase masingmasing level pertanyaan pada soal cerita pada tiap pokok bahasan dalam buku teks matematika penunjang SMK program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian kelas X terbitan Erlangga berdasarkan Taksonomi SOLO”; (2) untuk mengetahui persentase masing-masing level pertanyaan pada keseluruhan soal cerita dalam buku teks matematika penunjang SMK program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian kelas X terbitan Erlangga berdasarkan Taksonomi SOLO”. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan oleh guru maupun penerbit buku teks, dalam membuat dan memilih soal cerita sesuai dengan tingkat kemampuan berfikir siswa SMK kelas X. viii Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan level pertanyaan pada soal cerita kedalam level pertanyaan Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas berdasarkan Taksonomi SOLO. Dalam pelaksanaannya penelitian ini digunakan instrumen pendukung berupa lembar klasifikasi yang berisi nomor pertanyaan, nomor soal, dan level pertanyaan serta kriterianya yang nantinya digunakan sebagai pedoman dalam menentukan level pertanyaan pada soal cerita. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa persentase level pertanyaan pada soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika penunjang SMK program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga karangan Kasmina, dkk, berdasarkan taksonomi SOLO pada tiap-tiap pokok bahasan adalah sebagai berikut: pokok bahasan Operasi pada Bilangan Real, 2,34%, 21,96%, dan 10,75% berturut-turut berada pada level Unistruktural, Multistruktural, dan Relasional. Pokok bahasan Aproksimasi Kesalahan, 7,94% dan 16,36% berturut-turut berada pada level Multistruktural dan Relasional. Pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan, 0,93% dan 18,7% berturut-turut berada pada level Multistruktural dan Relasional. Pokok bahasan Program Linier, 11,68% dan 10,28% berturut-turut berada pada level Multistruktural dan Relasional. Pokok bahasan Matriks, 11,68% dan 10,28% berturut-turut berada pada level Multistruktural dan Relasional. Pokok Bahasan Logika Matematika, tidak terdapat soal cerita, jadi persentase masing-masing level pertanyaannya adalah 0%. Sedangkan persentase level pertanyaan dari keseluruhan soal cerita yang terdapat dalam buku teks matematika penunjang SMK program keahlian teknologi, kesehatan, dan pertanian kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga berdasarkan taksonomi SOLO adalah, 2,34%, 47,65%, 50,01%, dan 0% berturutturut berada pada level Unistruktural, Multistruktural, Relasional, dan Abstrak Diperluas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13491
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository