• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS V SDN ARJASA 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Luh Titisuri_001.pdf (98.84Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Luh Titisuri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, terutama yang diberikan dalam bentuk soal cerita. Terlihat dalam mengerjakan soal cerita, siswa tidak mengerti apa yang harus diketahui dan ditanyakan (memahami masalah), tidak bisa merencanakan bagaimana cara menyelesaikan (menemukan pola atau rumus matematika), menyelesaikan rencana (mengerjakan jawaban), dan memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh. Pernyataan tersebut didasarkan pula pada hasil nilai ulangan harian siswa dengan indikator yang sama yaitu pemecahan masalah matematika di kelas dan semester sebelumnya, yaitu nilai/skor siswa kurang dari 60 dan daya serap siswa secara klasikal masih di bawah standar minimal yaitu 60% (dapat dilihat di lampiran 18). Hal inilah yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa khususnya siswa kelas V pada pokok bahasan volume kubus dan balok. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Penerapan pembelajaran pemecahan masalah matematika menurut Polya dengan menggunakan metode diskusi diharapkan dapat memberikan peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar yang lebih baik daripada menggunakan metode ceramah yang biasa digunakan oleh SDN Arjasa 03 Jember dalam pokok bahasan volume kubus dan balok. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran pemecahan masalah matematika menurut Polya dengan menggunakan metode diskusi di kelas V SDN Arjasa 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Untuk meningkatkan aktivitas guru kelas V SDN Arjasa 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui pembelajaran pemecahan masalah matematika menurut Polya dengan menggunakan metode diskusi, dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Arjasa 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui pembelajaran pemecahan masalah matematika menurut Polya dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Arjasa 03 Jember yang terdiri dari 40 siswa. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen dengan jumlah siswa masing-masing kelompok sebanyak 5 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 25 Oktober 2010 sampai dengan 4 Nopember 2010 di SDN Arjasa 03 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 47,08% dan rata-rata hasil belajar mencapai 59,25 serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 73,54%, rata-rata hasil belajar mencapai 70,75 serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 85% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Arjasa 03 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan volume kubus dan balok. Penerapan pembelajaran pemecahan masalah matematika menurut Polya dengan menggunakan metode diskusi dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13466
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository