• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN AKTIVITAS SISWA (Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 10 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Mazwin Mukaromah_1.pdf (982.2Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Mazwin Mukaromah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode TAPPS dan yang menggunakan pembelajaran konvensional diuji menggunakan ANAKOVA. Besarnya signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 atau sangat signifikan dengan nilai rerata post test kelas kontrol adalah 46,88 dan kelas eksperimen adalah 73,08. Hasil belajar afektif siswa di uji dengan Indipendent sample T-test. Dari hasil uji tersebut diperoleh signifikasi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perlakuan pembelajaran terhadap nilai afektif siswa pertemuan pertama dan kedua. Hasil belajar afektif kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan rerata nilai afektif kelas kontrol pertemuan pertama dan kedua adalah 8,5455 dan 9,0303 dan kelas eksperimen 13,5429 dan 13,4857. Hasil aktivitas siswa dihitung menggunakan rumus aktivitas (Pa). Kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 48,09% dan 49,76% kelas eksperimen memperoleh nilai 67,50% dan 67,20%. Nilai aktivitas juga dihitung menggunakan Indipendent sample T-test yang mendapat signifikansi sebesar 0,000 dengan kata lain terdapat perbedaan perlakuan pembelajaran terhadap nilai aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Efektivitas dihitung menggunakan Gain test untuk mengetahui berapa besar efektivitas pembelajaran menggunakan metode TAPPS. Dari perhitungan diperoleh rerata nilai Gain sebesar 0,529 (sedang) untuk kelas eksperimen. Kelas kontrol diperoleh nilai Gain sebesar 0,158 (rendah) sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TAPPS lebih efektif daripada metode konvensional (diskusi) yang selama ini digunakan guru mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13465
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository