KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI KOTA JEMBER (STUDI KASUS JALAN AHMAD YANI DAN JALAN BRAWIJAYA)
Abstract
Manajemen lalu lintas merupakan pengelolan dan pengendalian arus lalu
lintas dengan melakukan optimasi penggunaan prasarana yang ada. Salah satu
tujuannya adalah meningkatkan dan memperbaiki keselamatan dari pengguna jalan
sebaik mungkin. Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan salah satu program
inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang dapat digunakan untuk
mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah pada jam tertentu.
Evaluasi untuk penggunaan Zona Selamat Sekolah perlu dilakukan untuk
mengetahui seperti apa karakteristik penggunaan Zona Selamat Sekolah di kota
Jember ditinjau dari kondisi kelengkapan, pemakai jalan, kecepatan kendaraan, dan
volume lalu lintas.
Studi dilakukan di kota Jember pada Sekolah Dasar Kepatihan 2 di jalan
Ahmad Yani dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 di jalan Brawijaya. Data
yang digunakan adalah data primer meliputi perilku penyeberang/pengantar,
kecepatan sesaat, volume lalu lintas, dan geometrik jalan, serta data sekunder
meliputi peta lokasi, dan jumlah murid. Data perilaku penyeberang/pengantar dan
kecepatan dianalisis berdasarkan SK 3236/AJ 403/DRJD/2006, sedangkan volume
lalu lintas dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Setelah
hasil analisa maka dapat diketahui kecepatan, perilaku penyeberang dan pengantar
sudah mematuhi peraturan yang berlaku di lokasi ZoSS atau belum.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kelengkapan ZoSS belum sesuai dengan
pedoman. Tidak semua rambu di gunakan di area zona selamat sekolah seperti rambu
peringatan area zona selamat sekolah, rambu peringatan larangan parkir, dan rambu
petunjuk tempat penyeberangan. Ditinjau dari karakteristik pemakai jalan dan
kecepatan dapat disimpulan bahwa hanya perilaku penyeberang yang sudah
memenuhi prosedur penggunaan ZoSS, sedangkan kecepatan dan perilaku pengantar
masih belum memenuhi terutama pada periode pagi. Kedua lokasi penelitian masih
berada pada tingkat pelayanan B yang berarti bahwa pada lokasi ZoSS, arus lalu
lintas masih stabil dan kecepatan mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]