• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ARJASA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Hafrizdha Chandra Yuvita_1.pdf (314.0Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Hafrizdha Chandra Yuvita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap performance assessment siswa SMPN 1 Arjasa Jember, (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan performance assessment terhadap hasil belajar siswa SMPN 1 Arjasa Jember. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental pendidikan. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas VII A dan VII B SMPN 1 Arjasa Jember. Kelas VII B adalah kelas eksperimen dengan penerapan model POE dengan performance assessment sedangkan kelas VII A adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari semester genap tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah performance assessment (penilaian kinerja) dan hasil belajar siswa. Hasil belajar diwujudkan dalam bentuk nilai pre-test, dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova) untuk menguji hasil belajar, sedangkan analisis yang digunakan untuk menguji performance assessment (penilaian kinerja) siswa adalah uji t (independent sample t test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan di kelas eksperimen (VII B). Secara klasikal, keaktifan siswa kelas eksperimen memiliki rerata selisih yang lebih tinggi (77,78) dibandingkan dengan rerata selisih kelas kontrol (69,25). Hasil analisis menggunakan uji t (independent sample t test) menunjukkan nilai probabilitas P < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan perlakuan yang signifikan terhadap nilai keaktifan siswa. Aspek kognitif berupa nilai pre-test, dan post-test. Rerata selisih nilai pre-test dan post-test antara siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rerata selisih siswa kelas kontrol. Selanjutnya, hasil analisis terhadap nilai pre-test dan post-test menunjukkan nilai signifikansi P < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model POE dengan performance assessment terhadap aspek kognitif.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan POE dengan performance assessment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan aktivitas siswa kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13441
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository