• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Skripsi berjudul Penerapan Metode Demonstrasi dan Penugasan untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Bondowoso Tahun Ajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Tiyas Dewi Puspita - 080210192039_1.pdf (1.345Mb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Tiyas Dewi Puspita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala, diantaranya adalah pemilihan model pembelajaran yang kurang cocok, penggunaan media yang kurang tepat, kondisi kelas yang pasif, dan sikap dari siswa yang kurang baik pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, misalnya siswa bicara sendiri. Kondisi diatas dapat berpengaruh terhadap penurunan hasil belajar. Hasil belajar fisika tidak hanya dapat dilihat melalui kemampuan siswa dalam merepresentasikan konsep fisika secara verbal dan matematis saja. Tetapi dapat dilihat juga melalui kemampuan merepresentasikan dalam bentuk gambar dan grafik. Siswa yang dapat merepresentasikan dalam bentuk verbal, belum tentu dapat merepresentasikan konsep fisika dalam bentuk matematik, gambar, dan grafik.Siswa hanya menguasai soal-soal dalam bentuk representasi verbal dan dominan hanya bisa menyelesaikan secara matematis saja. Namun mengalami kesulitan jika dihadapkan pada soal yang mengarah pada representasi grafik dan gambar. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi gambar dan grafik siswa sangat kurang pada kelas VIIC. Keseluruhan dari kemampuan representasi ini dapat dikatakan sebagai kemampuan multirepresentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang sudah ditetapkan yaitu siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Bondowoso tahun pembelajaran 2012/2013 dan dilaksanakan pada tanggal 8 Februari sampai dengan 23 Februari 2013.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus hopkins. Teknik pengumpulan data yang vii digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Data yang didapatkan adalah kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar fisika siswa dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil analisis data dan observasi dari pra siklus hingga siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan penugasan telah berhasil meningkatkan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, grafik dan hasil belajar fisika siswa di kelas VII-C SMP Negeri 1 Bondowoso. Kemampuan rata-rata representasi verbal meningkat dari 15,11 pada pra siklus menjadi 19,46 pada siklus 1 dan 22,11 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong pada kriteria sedang pada siklus 1 berdasarkan hasil perhitungan menggunakan N-gain yaitu sebesar 0,44 menjadi kriteria tinggi pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,71. Kemampuan skor rata-rata representasi matematik meningkat dari 19,71 pada pra siklus, 23,32 pada siklus 1 dan 23,46 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,68 pada siklus 1 dan menjadi kriteria tinggi dengan N-gain sebesar 0,71 pada siklus 2. Kemampuan skor rata-rata representasi gambar meningkatkan dari 10,86 pada pra siklus menjadi 15,39 pada siklus 1 dan 18,53 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang pada siklus 1 berdasarkan hasil perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,32 menjadi kriteria sedang pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0.49. Kemampuan skor rata-rata representasi grafik meningkat dari 13,32 pada pra siklus menjadi 18,01 pada siklus 1 dan 19,01 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang pada siklus 1 dengan menggunakan perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,4 dan menjadi kriteria sedang pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,49. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil di atas penerapan metode demonstrasi dan penugasan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13151
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository