• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PM PKB) disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran Fisika di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Shaufan Habibi - 080210102031_1.pdf (160.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Shaufan Habibi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan. Fisika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga berakibat pada rendahnya nilai hasil belajar siswa. Seperti halnya di SMP Negeri 6 Jember, hasil observasi menunjukkan bahwa proses keterlibatan siswa di dalam pembelajaran masih belum maksimal. Siswa masih cenderung dijadikan sebagai objek mengajar guru. Berdasarkan informasi dari guru bidang studi, sebanyak 47% siswa memiliki nilai hasil belajar di bawah standar ketuntasan minimal, siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal fisika yang rumit, dalam hal ini membutuhkan langkah-langkah sistematis yang menekankan kemampuan berpikir siswa untuk menemukan solusinya. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang menekankan kemampuan siswa untuk berpikir namun tetap aktif di dalam pembelajaran. Model tersebut adalah Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PM PKB) disertai Metode Eksperimen. MP PKB disertai metode eksperimen merupakan suatu model pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir siswa di dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen. Implementasi MP PKB dimulai dari pengkondisian siswa untuk menerima pelajaran (orientasi) penjajakan untuk mengetahui pengalaman dan kemampuan dasar siswa terkait materi yang akan dipelajari (pelacakan), penyajian permasalahan (konfrontasi), penyelidikan (inkuiri), penyimpulan (akomodasi) sampai pada penyajian permasalahan baru (transfer) Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika siswa melalui Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PM PKB) disertai metode eksperimen, (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa antara menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (PM PKB) disertai metode eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (3) untuk mendeskripsikan retensi hasil belajar fisika siswa menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir disertai metode eksperimen.Tempat penelitian eksperimen ini adalah SMP negeri 6 Jember dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian terdiri dari dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian ini menggunakan post-test control design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan menentukan persentase skor pemecahan masalah fisika siswa yang kemudian ditentukan kategorinya. Sedangkan permasalahan kedua dan ketiga dianalisis dengan uji independent sample T test melalui program SPSS Statistics 17. Hasil penelitian untuk kemampuan pemecahan masalah fisika siswa tergolong dalam kategori baik dan diperoleh persentase sebesar 72,92% untuk kriteria memahami masalah; 73,75% untuk kriteria menyusun rencana pemecahan masalah; 72,22% untuk kriteria melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan 75,97% untuk kriteria memeriksa kembali jawaban. Untuk hasil belajar, terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen dengan menggunakan pembelajaran konvensional, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,035 lebih kecil dari α = 0,05. Retensi hasil belajar siswa dengan MP PKB disertai metode eksperimen adalah 93,47% dengan predikat sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dengan MP PKB disertai metode eksperimen tergolong baik, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan retensi hasil belajar siswa menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen tergolong sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13108
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository