Show simple item record

dc.contributor.authorSuryanto
dc.date.accessioned2013-12-27T01:25:59Z
dc.date.available2013-12-27T01:25:59Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM060210101249
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13055
dc.description.abstractPelaksanaan pembelajaran oleh guru pada umumnya masih mendominasi sehingga siswa hanya menerima materi pelajaran secara pasif. Oleh sebab itu, pendidikan saat ini hendaknya didasarkan pada tingkat kualitas dan kemampuan para guru dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk menghadapi permasalahan dalam bidang pendidikan. Salah satu bentuk pengembangan pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif adalah model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dalam kelompok kecil. Dalam model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dalam kelompok kecil, Siswa membuat pertanyaan dan jawaban berdasarkan pernyataan yang dibuat oleh guru. Tipe ini sangat cocok digunakan untuk siswa yang kurang cerdas. Problem Posing Tipe Pre Solution Posing merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Model pembelajaran ini mewajibkan para siswa untuk membuat pertanyaan dan jawaban sendiri berdasarkan soal (pernyataan) yang diberikan guru. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dalam kelompok kecil, mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC MTs Negeri Banyuwangi II tahun ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 45 siswa dengan rincian 21 siswa lakilaki dan 24 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan pemberian tugas. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 18 Juli hingga 28 Juli 2011. Pelaksanaan siklus I sebanyak 2 kali pembelajaran dan siklus II juga sebanyak 2 kali pembelajaran. vii viii Pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan dibandingkan pelaksaanan siklus I. Hal itu karena pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 85% dan pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan yaitu peneliti lebih aktif dalam membimbing siswa dalam membuat pertanyaan dan memberikan penekanan penekan pada konsep-konsep materi pembelajaran serta lebih dekat dengan siswa yang mampu menunjang ketuntasan hasil belajar siswa yaitu ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,3%. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa dan guru sedangkan data kuantitatif berupa nilai dari penilaian portofolio (LKS, PR), tes akhir siklus (kuis), juga data numerik dari observasi aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan aktivitas siswa cenderung mengalami peningkatan. Selama empat kali pembelajaran, aktivitas siswa dinilai sebanyak dua kali yaitu pada setiap akhir siklus. berdasarkan kriteria penilaian keaktifan siswa pada tabel 3.1. pada siklus I aktivitas presentasi hasil kelompok siswa tergolong kurang aktif, siswa mengajukan pertanyaan tergolong cukup aktif, keaktifan siswa dalam kelompok dan membuat kesimpulan tergolong aktif dan perhatian siswa terhadap pelajaran tergolong sangat aktif. Kemudian pada siklus II, kriteria aktivitas siswa mengajukan soal dan membuat kesimpulan berhasil mengalami peningkatan menjadi aktif, dan presentasi hasil kelompok siswa menjadi cukup aktif. Sehingga dapat disimpulkan, aktivitas pada siklus II mengalami peningkatan. Peningkatan ini disebabkan karena pada siklus II telah dilakukan perbaikan-perbaikan tentang hal-hal yang kurang pada siklus I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101249;
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posingen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Posing tipe Pre Solution Posing Dalam Kelompok Kecil Pokok Bahasan Bilangan Bulat pada Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Banyuwangi II Tahun Ajaran 2011/ 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record