ANALISIS DESKRIPTIF TENTANG KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI DISTRO MOREHEAD JEMBER
Abstract
Salah satu bisnis di dunia fashion yang sekarang banyak digemari anak muda
adalah distribution outlet (distro). Distro menjual produk-produk dalam jumlah
terbatas dengan desain dan motif yang berbeda dari produk-produk yang sudah ada,
sehingga memenuhi keinginan pemakai untuk tampil beda dibandingkan orang lain.
Distro MOREHEAD survive di tengah persaingan distro yang menjual berbagai
produk anak muda. Untuk mempertahankan keberlangsungan usahanya maka setiap
pemilik distro termasuk distro MOREHEAD haruslah mengetahui faktor-faktor apa
saja yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli produknya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian di distro MOREHEAD Jember.
Metode penentuan lokasi penelitian dengan menggunakan purposive area
yaitu di distro MOREHEAD yang beralamatkan di Jalan Kalimantan no. 40
Kecamatan Sumber Sari Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dengan
menggunakan metode purposive. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah
konsumen atau pelanggan distro MOREHEAD yang berjumlah 5 orang terdiri dari 3
laki-laki dan 2 perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta menggunakan metode analisis
deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa display, desain
produk, harga, merek, kualitas produk, kualitas pelayanan, gaya hidup, dan
relationship merupakan faktor-faktor yang menyebabkan konsumen tertarik untuk
memutuskan melakukan pembelian di distro MOREHEAD. Berdasarkan latar
belakang kelima subjek penelitian diketahui bahwa faktor lingkungan pergaulan,
faktor sahabat, dan faktor orang tua menjadi alasan utama yang menyebabkan subjek
penelitian lebih suka membeli produk distro khususnya di distro MOREHEAD
daripada membeli produk-produk sejenis yang ada di toko atau pasar.