PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA
Abstract
Aktivitas siswa kelas VII A SMP NURIS Jember dalam pembelajaran
Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas VII lainnya. Hal ini
dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses
pembelajaran IPS menggunakan media sederhana (papan tulis dan bagan-bagan) yang
disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penggunaan media Mind
Mapping (peta konsep) sangat diperlukan. Penggunaan media media Mind Mapping
(peta konsep) diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini
dilakukan sehingga siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar
mengajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan peta konsep untuk meningkatkan aktivitas
siswa (Studi kasus siswa kelas VII A SMP NURIS Jember pada mata pelajaran IPS
dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi tahun ajaran
2012/2013). 2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
VII A SMP Nuris Jember tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan peta konsep
pada pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi.Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMP NURIS Jember. Penelitian ini
dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu
memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa, yang dapat
dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata aktivitas siswa
sebesar 62,56 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar
77,25 (kategori tinggi). Hasil tugas siswa yang diperoleh dari pekerjaan siswa
secara berkelompok menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata tugas siswa
sebesar 70.86 (kategori baik). Sedangkan, nilai rata-rata tugas siswa pada siklus II
sebesar 87,42 (kategori sangat baik). Untuk persentase ketuntasan belajar siswa
secara klasikal pada siklus I mencapai 66,67%, 11 siswa yang tidak tuntas, sedangkan
pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 87,18%, 5
siswa yang tidak tuntas Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media media Mind
Mapping (peta konsep) pada mata pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi
berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dapat meningkatkan aktivitas siswa.
Peneliti menyarankan kepada guru IPS SMP NURIS Jember bahwa media Mind
Mapping (peta konsep) dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran, yang
dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa terhadap suatu materi yang
diajarkan.