• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL INSTRUKSIONAL DDFK (DEFINISI, DESAIN, FORMULASI, KOMUNIKASI) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING

    Thumbnail
    View/Open
    38.pdf (2.036Mb)
    38_01.pdf (205.7Kb)
    Date
    2013-12-25
    Author
    Dian Faqih Khoirun Nisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model instruksional DDFK problem solving dan pembelajaran konvensional (Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran pada siswa kelas VIII Semester Genap MTs. Maarif Kencong Tahun Ajaran 2008/2009). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang berarti pada tingkat signifikansi 5% dengan nilai thitung sebesar 3,26 dan ttabel sebesar 1,67. Keberhasilan secara klasikal pada siswa kelas eksperimen sebesar 90,48% dan siswa pada kelas kontrol keberhasilan belajar secara klasikal adalah 69,05%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model instruksional DDFK Problem Solving dengan Pembelajaran Konvensional. Untuk itu, model ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12796
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository