PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI TERHADAP GEOMETRI
Abstract
Pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan Model Plomp yang terdiri dari 5 fase. Pada fase investigasi awal diperoleh informasi bahwa guru selama ini belum melakukan penilaian ranah afektif (sikap atau minat) siswa pada mata
pelajaran tertentu khususnya Matematika; siswa cenderung tidak menyenangi materimateri yang berkaitan dengan rumus-rumus seperti luas bangun datar, serta volume bangun ruang; menentukan acuan yang digunakan untuk membuat indicator.
Kegiatan yang dilakukan pada fase desain yaitu menganalisis informasi yang didapatkan pada fase investigasi awal; mencari solusi dengan mengembangkan
instrumen penilaian sikap siswa terhadap geometri; menelaah materi geometri SD, membagi materi geometri menjadi 3 komponen yaitu pengukuran, bangun datar bangun ruang; membuat materi penyetaraan pengetahuan; membuat kisi-kisi dan butir instrumen yang akan divalidasi mahasiswa. Kemudian dilanjutkan fase konstruksi yaitu mengembangkan kisi-kisi yang dibuat menjadi butir instrumen. Fase ketiga yaitu fase tes, evaluasi, dan revisi. Terdapat dua kegiatan utama dalam fase ini yaitu kegiatan validasi dan kegiatan uji coba hasil validasi.