• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Kooperatif Number Heads Together Disertai Media Gambar Kejadian Fisika dengan Papan Flanel Pada Pembelajaran Fisika di SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Lina Dwi Selvitasari - 090210102030_1.pdf (108.7Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Lina Dwi Selvitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika merupakan proses belajar mengajar yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang membahas dan mempelajari alam. Penerapan model kooperatif Number Heads Together akan efektif jika pembelajarannya berpusat pada kegiatan siswa yaitu dengan keterlibatan aktif dari siswa dalam proses belajar. Media gambar kejadian fisika dengan papan flanel adalah media papan yang menampilkan gambar dua dimensi yang dapat dibongkar pasang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif Number Heads Together disertai media kejadian fisika papan flanel dengan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui seberapa besar aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 07 Bondowoso. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05 dan Sig. (1-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05. Adanya perbedaan hasil posttest yaitu kelas eksperimen sebesar 76,0 dan kelas kontrol sebesar 70,43 dikarenakan pada kelas eksperimen siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas siswa yang paling rendah adalah bertanya dengan persentase rata-rata sebesar 38,09 %. Hal ini dikarenakan siswa kurang percaya diri karena masih merasa malu untuk bertanya. Aspek aktivitas siswa yang paling tinggi adalah diskusi dengan persentase rata-rata sebesar 98.78 %. Hal ini dikarenakan siswa tertarik dengan media yang digunakan dalam pembelajaran dan siswa mudah bersosialisasi. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen pada KBM 1, KBM 2 dan KBM 3 diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 81.64 % dan termasuk pada kategori sangat aktif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together disertai media gambar kejadian fisika dengan papan flanel dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 07 Bondowoso tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. . Kelas eksperimen memiliki hasil belajar rata-rata pos tes sebesar 76.0 dan kelas kontrol sebesar 70.43; (2) Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 07 Bondowoso tahun ajaran 2012/2013 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Heads Together disertai media gambar kejadian fisika dengan papan flanel termasuk dalam kategori sangat aktif atau sangat aktif di kelas VII SMPN 07 Bondowoso tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dikarenakan hasil rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan 1, 2, 3 yaitu sebesar 81.64% atau > 80%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12642
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository