PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X.4 SMA NEGERI GRUJUGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas X.4 SMA Negeri Grujugan tahun ajaran 2010/2011
yang dimulai tanggal 17 Mei 2011 sampai dengan 3 Juni 2011. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi,
wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas
siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan
siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa
secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing
72.71% dan 82.37%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I
diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 82.61%, siswa yang tuntas belajar
secara individu sebanyak 19 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak
4 siswa. Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil
belajar sebesar 91.30%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 21
siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 2 siswa.
Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I
dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode eksperimen
dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa
kelas X.4 SMA Negeri Grujugan tahun ajaran 2010/2011.