• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN STRATEGI ACCELERATED LEARNING SUB POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN LIMAS PADA SISWA SMA NEGERI 1 ARJASA KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2004/2005

    Thumbnail
    View/Open
    13_01.pdf (45.94Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    MURTAFIATUN NAIMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Murtafiatun Naimah, Juni 2005. Efektivitas Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning Sub Pokok Bahasan Volume Kubus dan Limas Pada Siswa SMA Negeri 1 Arjasa Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember . Pembimbing: 1) Dra. Hj. Titik Sugiarti, M.Pd 2) Dra. Hj. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd Matematika merupakan bidang studi yang dianggap sulit oleh siswa. Selain itu pembelajaran matematika selama ini terkesan kurang bervariasi, sehingga siswa pasif dan merasa matematika merupakan pelajaran yang sulit. Pembelajaran quantum learning dengan strategi accelerated learning dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermanfaat sehingga siswa menjadi responsive dan bergairah dalam mengikuti proses belajar mengajar. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning, bagaimanakah retensi siswa terhadap Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning dan bagaimanakah sikap siswa terhadap Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Arjasa Kelas X semester genap tahun ajaran 2004/2005. Responden penelitian ditentukan dengan teknik purposive sample diperoleh kelas X-1 sebagai kelas yang mendapat pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Analisa data menggunakan uji efektivitas sehingga diperoleh efektivitas pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning sebesar 77,42%, retensi siswa baik terhadap Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning dengan perubahan retensi siswa sebesar 1,57% serta terlihat bahwa penggunaan Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning sangat efektif dalam pembelajaran matematika. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa tertarik terhadap Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning. Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai alternatif perbaikan hasil belajar siswa denagn menggunakan media yang menarik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12278
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12433]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository